KPU SUMENEP; APLIKASI SIDALIH JAMIN TRANSPARANSI DAN AKURASI DATA PEMILIH PADA PEMILU/PEMILIHAN

Jakarta, kpud-sumenepkab.go.id – Dalam acara pembukaan acara Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data Pemilih untuk Pilkada Serentak tahun 2018 di gedung Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Jakarta Selatan hari ini selasa (7/11), Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman menegaskan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) untuk menjamin transparansi dan akurasi data pemilih pemilihan dan pemilu.

Transparansi tersebut untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada penyelenggara pemilu melalui aplikasi yang dibangun oleh KPU dan bisa diakses oleh publik. Selain transparansi, juga untuk menjaga integritas penyelenggara pemilu.

KPU Kabupaten Sumenep sebagai kepanjangan tangan dari KPU RI berupaya maksimal dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan hingga saat ini termasuk dengan mensosialisasikan melalui FGD, pemasangan baliho, laman website, juga pada saat pelaksanaan kegiatan pendidikan pemilih beberapa waktu yang lalu, tutur Rahbini selaku anggota Divisi Perencanaan dan Data.

Selain hal tersebut kami juga mengharapkan peran aktif dari masyarakat untuk turut melaporkan perubahan data dirinya kepada KPU Kabupaten Sumenep untuk dimutakhirkan, supaya data pemilih yang kami sajikan pada penyelenggaraan Pemilu/Pemilihan akurat dan akuntabel, imbuhnya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *