KPU SUMENEP; RAPAT EVALUASI PENYUSUNAN LAKIP KPU PROVINSI DENGAN KPU KABUPATEN/KOTA SE JAWA TIMUR DI PASURUAN

Pasuruan, kpud-sumenepkab.go.id – Sejak kemarin hingga hari ini (20-21/12), Rahbini, anggota KPU divisi Perencanaan dan Data, serta Henri Wijaya, Kasubbag Program dan Data menghadiri acara Rapat Evaluasi Penyusunan Lakip di kantor KPU Kota Pasuruan yang dihadiri oleh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dalam acara tersebut di hari pertama kemarin, Wima, panggilan akrab Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa laporan kinerja merupakan bentuk akuntabilitas dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang dipercayakan kepada setiap instansi pemerintah atas penggunaan anggaran.

“Hal terpenting yg diperlukan dalam penyusunan laporan kinerja adalah pengukuran kinerja dan evaluasi serta pengungkapan secara memadai hasil analisis terhadap pengeluaran kinerja”, tuturnya.

Adapun tujuan pelaporan kinerja adalah memberikan informasi kinerja yang terukur kpd pemberi mandat atas kinerja yg tlh dan seharusnya dicapai, dan sebagai upaya perbaikan berkesinambungan bagi instansi pemerintah untuk meningkatkan kinerjanya.

Materi selanjutnya disampaikan oleh Kabag Keuangan KPU provinsi Jawa Timur yang menyampaikan bahwa perlu segera dilakukan pencermatan terhadap anggaran 2018 oleh komisioner bersama sekretariat agar bisa merencanakan kegiatan-kegiayan yang mendesak di awal tahun.

Pagi hari ini dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Erwin Setiabudi dari BPKP provinsi Jatim, yang moderator oleh Kabag Keuangan KPU Provinsi Jawa Timur..

Dalam materinya, erwin menyampaikan bahwa dengan disusunnya Lakip yang baik akan memberikan manfaat, antara lain: meningkatkan mutu pengambilan keputusan, meningkatkan akuntabilitas internal manajemen, meningkatkan akuntabilitas politik, dan penggunaan sumber daya secara efektif. (Hnr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *