KPU SUMENEP; RAKOR PENATAAN DAPIL DAN ALOKASI KURSI DI LUMAJANG

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Menindaklanjuti undangan Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Nomor: 27/PL.01.3-UND/35/KPU-Prov/X/2017, Ketua KPU Sumenep, Anggota Divisi Teknis, dan Anggota Divisi Perencanaan dan Data menghadiri acara rapat penyusunan penataan dapil dan alokasi kursi Pemilu Tahun 2019 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Lumajang.

Acara rakor tersebut diselenggarakan selama 2 hari sejak kemarin tanggal 6-7 Oktober 2017 di Gedung BKD Kabupaten Lumajang yg diikuti oleh 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Muh Arbayanto selaku Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur menekankan untuk memperhatikan prinsip-prinsip dalam melakukan penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil). Prinsip-prinsip dalam penyusunan Dapil sebagaimana tertuang dalam pasal 185 UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum adalah ; 1) kesetaraan nilai suara, 2) ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, 3) proporsionalitas. Berikutnya adalah 4) integralitas wilayah, 5) berada dalam cakupan wilayah yang sama, 6) kohesivitas dan 7) kesinambungan.

Sedangkan untuk dasar jumlah penduduk dalam satu wilayah, maka yang digunakan secara resmi adalah data kependudukan dari Kementerian Dalam Negeri. “Gunakan 1 saja sumber data kependudukan yaitu data dari Kemendagri semester 1 tahun 2017”, demikian pungkas Arbayanto. (Ad/Foto:Doc Admin KPU Ponorogo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *