KPU SUMENEP RAIH JUARA TERBAIK ORTUG GELOMBANG VI

BANGGA : Ketua KPU Sumenep, A. Warits Memegang Sertifikat Juara Terbaik Ortug

kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur berhasil meraih juara terbaik dalam kegiatan Orientasi Tugas (Ortug) Gelombang VI yang digelar KPU RI, di Hotel Double Tree By Hilton, Jakarta. Kegiatan itu digelar selama lima hari sejak tanggal 22-26 Oktober 2019.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang terdiri dari KPU Provinsi, KPU Kabupaten/kota di beberapa daerah di Indonesia, diberi pemahaman terkait dengan sistem demokrasi, tugas-tugas penyelenggara pemilu, dan juga terkait dengan keseketariatan.

Peserta Ortug Gelombang VI itu terdeiri dari 24 kabupaten/kota ditambah dengan empat provinsi. Adapun peserta yang dari daerah Jawa Timur adalah KPU Kabupaten Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Sumenep dan Kota Surabaya. Sedangkan peserta tingkat KPU Provinsi, adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku dan Povinsi Maluku Utara. Seluruh peserta dibagi menjadi lima kelas.

Sedangkan KPU Sumenep berada pada Kelas E bersama dengan KPU Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Ogan Ilir, Kota Surabaya, Kabupaten Kutai Kartanegara dan KPU Kabupaten Tana Tidung. Dengan fasilitator Erik, Udi dan Dahlia. “Sedikitnya ada 12 materi yang disampaikan dalam kegiatan oreintasi tersebut,” kata Ketua KPU Sumenep, A. Warits.

Menurut Warits, masing-masing materi dilakukan dengan cara penyampain materi, tanya jawab dan diakhiri dengan tugas diskusi kelompok sebagai pendalaman materi termasuk juga analisis masalah dalam materi. Sehingga peserta benar-benar mengerti terhadap apa yang disampaikan dalam materi tersebut.

“Misalnya terkait dengan sistem pemilu di Indonesia. Para peserta diberi pemahaman tentang sistem pemilu sejak orda lama, orda baru hingga saat ini. Kemudian diakhir dilakukan diskusi kelompok tentang beberapa persoalan dari sistem pemilu tersebut,” jelasnya.

Di akhir kegiatan dalam sesi penutupan acara, KPU Sumenep dinobatkan sebagai juara terbaik di kelas E. Juara tersebut dinilai dari awal kegiatan dimulai sampai akhir, terutama terkait dengan kedisiplinan, keaktifan, kekompakan dan juga kerja sama yang baik antar kelompok dalam kelas. Sertifikat juara diberikan langsung oleh Kepala Biro SDM KPU RI, Lucky Firnandy Majanto, mewakil KPU RI.

“Selamat buat kawan KPU Provinsi & KPU Kabupaten/Kota yang telah menjadi juara di kelasnya masing-masing. Tularkan semangat sukses ini di daerah kalian masing-masing,” pesan Lucky disambut aplaus peserta.

Selain itu Lucky berharap, agar pola pelatihan Ortug tersebut bisa dijadikan model dan contoh ketika melakukan Bimtek kepada badan Adhock di wilayah masing-masing yang akan menggelar pilkada serentak. Dengan perpaduan antara materi dan permainan bisa membuat peserta tidak jenuh dan gampang dalam menerima materi.

“Semoga membawa manfaat kepada seluruh peserta yang telah mengikuti Ortug ini dengan baik,” katanya.

KPU Kabupaten Sumenep yang hadir full tim, Ketua A. WARITS, Divisi Teknis Dr. Rahbini,Divisi Rendatin Syaifurrahman, Divisi SDM dan Parmas Rafiqi, Divisi Hukum &Pengawasan Deki Prasetia Utama sertaSekretaris KPU Anwar Syahroni Yusuf. (raf/dek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *