KPU SUMENEP UPDATE DATA PEMILIH UNTUK KEPENTINGAN DATA VAKSIN COVID-19

Insert : Syaifurrahman, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sumenep

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin berencana untuk menggunakan daftar pemilih yang ada di Komisi Pemilihan Umum ( KPU) sebagai basis data pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Hal itu sebagai bukti bahwa ada kepercayaan publik terhadap sistem pendataan yang dilakukan KPU selama ini.

Dan untuk memberikan data valid kepada pemerintah melalui Menkes, KPU RI melalui KPU Provinsi memerintahkan kepada KPU Kabupaten/Kota termasuk KPU Kabupaten Sumenep, Jawa Timur agar memperbaiki data yang telah digunakan dalam pemilihan serentak tahun 2020.

“Selama beberapa hari ini, KPU Sumenep memang melakukan perbaikan data pemilih di beberapa kecamatan terutama data-data ganda,” kata Syaifurrahman Divisi Data dan Perencanaan KPU Sumenep, (9/2/2021).

Menurut Syaifur, pihaknya minta bantuan kepada mantan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk memperbaiki data pemilih yang ditengarai bermasalah di beberapa kecamatan di Sumenep. Dan hasilnya sudah tuntas dan data tersebut telah dikirim ke KPU Provinsi Jawa Timur.

“Selain minta bantuan PPK kita juga kordinasi dengan Dispendukcapil mensingkronkan data yang telah diperbaiki tersebut,” jelas Syaifur.

Sebelumnya, Hasyim Asyari anggota KPU RI mengatakan, ini bukan kali pertama data KPU digunakan oleh pihak lain seperti Kementerian Kesehatan. Kementerian lain, seperti Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi, Birokrasi (KemenPAN-RB), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga gunakan data KPU.

“KPU akan terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas layanan kepemiluan berbasis IT untuk keperluan kepemiluan ke depan,” ucap dia.

Sementara, Menkes Budi Gunadi Sadikin sebelumnya juga mengatakan kapok menggunakan data Kemenkes yang tidak sesuai dengan fakta di lapangan. Pihaknya akan menggunakan data KPU sebagai basis data untuk vaksinasi Covid-19. (Humas KPU Sumenep/raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *