KPU SUMENEP; PENELITIAN ADMINISTRASI HASIL PERBAIKAN DAN VERIFIKASI FAKTUAL TERHADAP DUGAAN GANDA KEANGGOTAAN PARPOL

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Sesuai dengan Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU nomor 7 tahun 2017, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep pada saat ini sedang melaksanakan penelitian administrasi terhadap hasil perbaikan dokumen keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019 pada tanggal 1 s/d 11 Desember 2017 mendatang.

Ach. Zubaidi selaku Ketua Divisi Hukum yang membidangi tentang verifikasi parpol menyampaikan bahwa ada 14 (empat belas) partai politik yang dokumen hasil perbaikan administrasi keanggotaannya diteliti oleh Tim Pokja Verifikasi Parpol KPU kabupaten Sumenep pada tahap ini.

“Dokumen hasil perbaikan administrasi keanggotaan partai politik pada saat ini sedang dilakukan penelitian dan dicocokkan kesesuaiannya antara salinan KTP Elektronik, Kartu Tanda Anggota (KTA) Parpol, dan daftar nama dalam model F2-Parpol. Kemudian hasil penelitian administrasi tersebut disandingkan dengan data dugaan ganda keanggotaan parpol yang diperoleh melalui aplikasi SIPOL”, tutur pria yang akrab disapa Zubet ini. 

Data dugaan keanggotaan ganda, baik itu ganda dalam partai politik maupun antar partai politik, pada saat ini dilakukan verifikasi faktual oleh petugas verifikator lapangan yang ditunjuk oleh KPU Kabupaten Sumenep. Petugas verifikator lapangan bertugas mendatangi orang yang bersangkutan untuk dipastikan status keanggotaannya dengan menunjukkan KTP Elektronik dan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Politik sesuai dengan yang diatur dalam Keputusan KPU nomor: 174/HK.03.1-Kpt/03/KPU/X/2017 tentang Pedoman Pendaftaran, Penelitian Administrasi, Verifikasi Faktual, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Hasil penelitian terhadap dokumen perbaikan asministrasi keanggotaan partai politik akan disampaikan pada tanggal 12 s/d 15 Desember 2017 kepada masing-masing partai politik melalui petugas penghubung yang telah diberi mandat oleh pimpinan partai politik tingkat Kabupaten Sumenep. (Hr/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *