KPU SUMENEP ; PENDIDIKAN PEMILIH

Suasana Pendidikan Pemilih (30/8) KPU Kabupaten Sumenep

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id. Pelaksanaan pendidikan pemilih yang dilaksanakan hari ini rabu (30/8) dihadiri oleh banyak tamu undangan. Ada perwakilan dari pengurus OSIS, Ormas kepemudaan, dan juga BEM, acara dibuka langsung oleh ketua KPU Sumenep A.WaritS. disampaikan oleh Warits bahwa semua yang hadir disini dharapkan nantinya bisa menjadi pengawal demokrasi tuturnya. adapun narasumber dalam kegiatan ini yang pertama  adalah Abdul Hadi komisioner KPU selaku divisi SDM dan Parmas, disampaikan oleh Hadi Demokrasi merupakan satu-satunya media untuk memilih pemimpin dengan cara yang damai oleh karena itu diperlukan campur tangan semua pihak dalam mengawal proses demokrasi agar menghasilkan pemimpin yang baik.

Selanjutnya materi kedua dari  Dr.Rahbini, komisioner KPU  divisi Perencanaan dan Data, Rahbini menekankan tenang pemutakhiran data pemilih. Karena salah satu variabel pemilu adalah tersedianya data pemilih yang valid, akuntabel dan akurat. Oleh karena itu, KPU sudah menyiapkan data menggunakan portal SIDALIH untuk mengelola daftar pemilih. Jadi rekan-rekan bisa mengakses data tersebut untuk mengecek apakah saudara kita atau teman kita yang telah cukup umur sudah masuk dalam daftar pemilih. Dan apabila belum, bisa langsung mengubungi operator KPU untuk dilakukan pemutakhiran dan pemilih.

Setelah penjabaran materi, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang  dipandu langsung oleh moderator Adi Tri Hartanto yang juga Kasubbag Teknis Pemilu dan Hupmas, saat sesi ini pertanyaan-pertanyaan kritis meluncur dari undangan, seperti strategi memaksimalkan partisipasi masyarakat, menciptakan pemilih yang cerdas, cara mewujudkan pemilu yang LUBER dan JURDIL. Semua pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta langsung di jawab oleh kedua nara sumber yaitu Rahbini dan Hadi. Pada prinsipnya partisipasi masyarakat diperlukan dalam mengawal proses demokrasi di Negara ini di semua lini tahapan, tutup Rahbini. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *