KPU SUMENEP; PENCERMATAN TERHADAP DATA AGREGAT KEPENDUDUKAN PER KECAMATAN (DAK2) SUMENEP

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Pada hari senin (31/07) Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah menerima Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) termasuk DAK2 Kabupaten Sumenep.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep telah melakukan pencermatan terhadap DAK2 Kabupaten Sumenep yang berjumlah 1.126.724 untuk pelaksanaan Pilkada Tahun 2018. Hal ini bisa dilihat bahwa terjadi penambahan penduduk sebanyak 11.842 penduduk apabila dibandingkan dengan jumlah DAK2 pada saat Pilkada tahun 2015 yang berjumlah 1.114.882 penduduk.

“Kami (Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep) berharap masyarakat untuk terus aktif memantau dan melaporkan perubahan data dirinya kepada Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep” turur Dr. Rahbini, Anggota Divisi Perencanaan dan Data. “Kami juga menghimbau masyarakat agar segera melakukan perekaman E-KTP bagi yang belum, supaya data pemilih pada saat pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 benar-benar mutakhir” tambahnya.

DAK2 berguna untuk menghitung syarat dukungan calon perseorangan berdasarkan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dan termuat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada pemilihan umum atau pemilihan sebelumnya yang paling akhir di daerah bersangkutan.

Sesuai pasal 41 ayat 1 dan 2, Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016, calon perseorangan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta wali kota dan wakil wali kota dapat mendaftarkan diri ke KPU Provinsi/KIPAceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota jika memenuhi syarat dukungan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Perundang-undangan. (Ad)

Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) Kabupaten Sumenep. (Klik disini)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *