KPU SUMENEP; PEMBEKALAN PETUGAS VERIFIKATOR LAPANGAN

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 pada saat ini telah memasuki tahapan verifikasi faktual partai politik. Untuk itu KPU Sumenep mengangkat Petugas Verifikator Lapangan untuk melaksanakan verifikasi faktual hasil sampling keanggotaan partai politik dengan cara mendatangi orang yang bersangkutan.

Pada hari ini Rabu (20/12) KPU Sumenep memberikan bimbingan teknis dan pembekalan kepada para petugas verifikator lapangan, termasum tata cara dan prosedur yang harus dilakukan ketika mendatangi orang yang namanya tercantum dalam data sampling yang didapat dari aplikasi SIPOL.

Data sampling keanggotaan  parpol pada tahap ini tersebar di beberapa kecamatan, sehingga petugas verifikator lapangan yang diangkat oleh KPU Sumenep berasal dari masing-masing kecamatan yang masuk data sampling.

“Petugas verifikator harus benar-benar memahami tata cara dan prosedur dalam melaksanakan kegiatan verifikasi faktual keanggotaan partai politik yang bersangkutan. Masing-masing anggota parpol yang tercantum dalam daftar, harus didatangi ke rumahnya sesuai dengan alamat yang tertera dan menanyakan apakah benar orang tersebut adalah anggota partai politik tersebut dibuktikan dengan cara menunjukkan  kartu tanda anggota (KTA) parpol, atau mengisi surat pernyataan apabila bukan anggota parpol tersebut”, terang Ach. Zubaidi anggota KPU yang membidangi tahapan verifikasi parpol.

“KPU Sumenep akan membekali saudara semua dengan surat tugas dan tanda pengenal termasuk dokumen-dokumen pendukung lainnga yang harus dibawa pada saat bertugas di lapangan, pekerjaan ini harus dilakukan mulai tanggal 21 Desember 2017 dan harus selesai dan dilaporkan kepada KPU Sumenep pada tanggal 1 Januari 2018”, tutup Zubet panggilan akrabnya. (Hr/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + 8 =