KPU SUMENEP; PELAKSANAAN VERIFIKASI FAKTUAL KEANGGOTAAN PARTAI POLITIK CALON PESERTA PEMILU 2019

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Sejak tanggal 20 Desember lalu, petugas verifikator lapangan yang diangkat oleh KPU Sumenep telah melaksanakan tugas verifikasi faktual terhadap hasil sampling keanggotaan partai politik calon peserta pemilu tahun 2019. Keanggotaan partai politik yang diverifikasi faktual pada tahap ini ada 2 yakni keanggotaan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo.

Petugas verifikator lapangan dibekali dengan surat tugas dan berbagai formulir sebagai kelengkapan administrasi verifikasi faktual ketika mendatangi orang yang namanya tercantum dalam data sampling. Kepada yang bersangkutan, petugas verifikator wajib menanyakan apakah orang tersebut menjadi anggota partai dimaksud atau tidak, nantinya segala kesaksian dan pernyataan orang tersebut harus dicatat dan didokumentasikan termasuk apabila orang yang bersangkutan tidak mengaku sebagai anggota partai politik, dibuktikan dengan surat pernyataan.

Petugas verifikator lapangan ditugaskan oleh KPU Sumenep untuk mendokumentasikan semua pelaksanaan verifikasi faktual, dan dari pihak Panwaslu Sumenep pun menyampaikan bahwa pihaknya akan ikut turun kebawah untuk mengawasi pelaksanaan verifikasi faktual yang dilaksanakan oleh KPU Sumenep.

Verifikator lapangan diberi waktu hingga tanggal 1 Januari 2018 untuk menyetorkan hasil pekerjaannya dan melaporkan kepada KPU Sumenep semua bukti dan dokumen pendukung administrasinya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *