KPU Sumenep Monitoring Pelaksanaan Coklit PPDP di Nonggunong

insert: Komisioner KPU Sumenep Rahbini (baju pendek garis-garis, no 3 dari kiri) didampingi PPK saat melakukan monitoring ke PPK Kecamatan Nonggunong

Nonggunong–Sumenep,-.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep melaksanakan monitoring dan supervisi Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dengan turun langsung ke lapangan.

“Kegiatan ini dilakukan untuk memantau PPDP apakah sudah bekerja sesuai dengan regulasi. Serta melihat secara langsung apa saja kendala yang dialami PPDP di lapangan dan mencari solusinya secara bersama-sama,” ujar Anggota KPU Sumenep Divisi Teknis, Dr. H. Rahbini, di Nonggunong, Selasa (4/8/2020).

Meski tahapan Coklit dilaksanakan dalam situasi pandemi Covid 19 saat ini, namun kualitas daftar pemilih yang akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020 tetap harus berkualitas dan akurat.

“Kami di KPU punya komitmen untuk tetap menjaga agar DPT tetap berkualitas meski tahapan ini dijalnkan ditengah virus covid 19 yang masih menyebar di Sumenep, Alhamdulillah di Nonggunong tidak ada, untuk itu kita mengharapkan dukungan semua pihak. Kalau dari internal salah satu cara untuk menjaga kualitas DPT adalah dengan memastikan PPDP bekerja secara sungguh-sungguh mendata pemilih door to door,’ ucapnya.

Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Pemutahiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota pada pasal 29, KPU Sumenep juga diminta melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan tugas PPDP dengan menggunakan sampel paling sedikit 5% (lima persen) dari total jumlah TPS (Tempat Pemungutan Suara).

Guna memastikan kinerja petugas pemutahiran data (PPDP)melalui mekanisme pencocokan dan penelitian daftar pemilih berjalan dengan baik,KPU Kabupaten Sumenep melakukan monitoring di PPS yang berada di kecamatan Nonggunong,hari ini Selasa, 4 Agustus 2020, salah satunya di desa Talaga, Sonok dan Somber.

Tujuan pelaksanaan monitoring dilakukan guna memastikan kesiapan kerja coklit PPDP dalam melaksanakan pencocokan dan penelitian daftar pemilih di tengah” pandemi covid 19.

Dalam hal ini, KPU meminta kepada semua PPDP di Kecamatan Nonggunong untuk menulis kendala kerja yang di alami ketika berada di lapangan.

” saya sangat berharap kepada kepada semua teman” PPDP untuk bekerja dengan tepat dan baik, d i samping itu pula jangan lupa untuk selalu memakai APD dan tetap menerapkan protokol kesehatan demi keamanan kerja kita” kata Dr. H. Rahbini komisioner KPU Sumenep.

Meski demikian,ia juga meminta kepada PPDP dan PPS agar melaporkan apa bila ada kendala kerja atau kesalahan identitas yang didata secara keliru.pelaporan itu bisa di sampaikan langsung ke KPU Sumenep melalui PPK. (FaruqNong)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *