KPU SUMENEP; MENGISI MATERI SOSIALISASI PERSIAPAN PEMILU LEGISLATIF 2019

insert : Komisioner KPU Kab. Sumenep Malik mustafa, memberikan materi dalam rangka Sosialisasi Pileg 2019.

kpud-sumenepkab.go.id – Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2019 sudah dilakukan oleh KPU RI kemarin tanggal 17 Pebruari 2018. hal itu tentunya menjadi salah satu modal dasar bagi Partai Politik untuk mulai memanasi mesin Partainya di semua tingkatan. seperti halnya Partai Hanura yang ada di Kabupaten Sumenep. pagi ini (18/2) dalam rangka pertemuan rutin bulanan yang dilakukan oleh Partai ini, mereka mengundang KPU Sumenep untuk menjadi pengisi materi Sosialisasi dalam rangka pendaftaran Calon Legislatif yang tahapannya akan dimulai sekitar awal Juli mendatang. Kami melakukan Sosialisasi tentang pencalegkan ini kepada pengurus di Tingkat PAC dan Calon Legislatif (Caleg) yang nantinya akan berangkat dari Partai kami, agar mereka mulai memahami aturan main yang ada, dan mulai mempersiapkan strategi dimasing-masing Dapil nya terang Taufikurrahman salah satu Pengurus Parpol (Partai Politik).

KPU Sumenep menugaskan Malik Mustafa untuk memberikan materi Sosialisasi pagi ini,  disampaikan oleh Malik bahwa Tahapan pengumuman Pendaftaran caleg akan dimulai awal bulan Juli 2018 ini. disampaikan juga tentang syarat – syarat yang harus dipenuli oleh calon Anggota Legislatif yang akan maju mencalonkan diri. disampaikan bahwa Pemilihan Umum kali ini sangat berbeda dengan Pemilu Legislatif pada Pemilu sebelumnya. Pemilu kali ini menggunakan Penghitungan Sistem Sainte League dimana tidak ada lagi sisa suara yang akan diperebutkan di masing-masing Dapil (Daerah Pemilihan). tidak ada lagi sisa kursi, dan tidak ada lagi Bilangan Pembagi Pemilih. jadi intinya adalah masing-masing Partai berlomba-lomba untuk memperoleh suara terbanyak.

Malik Mustafa mengapresiasi kegiatan seperti ini karena tugas dalam pendidikan Pemilih dan Sosialisasi Pemilih tidak hanya ada di pundak KPU, sebagai Penyelenggara Pemilu, akan tetapi juga merupakan tugas dari Partai Politik dan seluruh Kadernya karena bisa bersentuhan langsung dengan masyarakat, tutup Malik. (Hr/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *