KPU SUMENEP ; MAHASISWA JOGJAKARTA MELAKUKAN PENELITIAN KE KPU KABUPATEN SUMENEP

komisioner KPU Abd. Hadi saat memberikan pemaparan kepada mahasiswa yang melakukan penelitian

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id.  Meskipun PILKADA Sumenep sudah berlalu, tapi materi tentang Pilkada masih menarik untuk dikupas, terutama oleh kalangan akademisi, hari ini kamis 16/3 salah satu mahasiswa dari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH  Jogjakarta melakukan riset dan penelitian tentang PENGARUH PARTAI POLITIK TERHADAP PEMENANGAN CALON KEPALA DAERAH PADA PEMILU KEPALA DAERAH SUMENEP TAHUN 2015.

Setelah mendapatkan ijin dari ketua KPU Kabupaten Sumenep, maka  Moh. Ihsan  langsung di arahkan kepada komisioner KPU yang membawahi divisi SDM da partisipasi masyarakat  Abd. Hadi. Ada beberapa pertanyaan yan diajukan oleh sdr Moh. Ihsan,  Salah satunya tentang partisipasi masyarakat dalam PILKADA sumenep 2015 beberapa waktu lalu, disampaikan oleh Hadi bahwa prosentase pemilih yang menggunakan hak pilihnya pada PILKADA Sumenep 2015 beberapa waktu lalu meningkat dibandingkan dengan partisipasi masyarakat pada PILKADA sebelumnya (PILKADA 2010). Kiat-kiat apa saja yang dilakukan KPU Sumenep sehingga partisipasi masyarakat meningkat Tanya Moh. Ihsan kembali. dijelaskan bahwa banyak strategi yan dilakukan KPU untuk mendongkrak partisipasi masyarakat, diantaranya memasang spanduk di tempat tempat strategis di seluruh wilayah kecamatan di Kabupaten Sumenep, JJS ( jalan-jalan sehat) yang diikuri oleh penyelenggara pemilu mulai dari PPS,PPK, dan kalangan masyarakat, melakukan sosialisai yang lebih gencar kepada seluruh lapisan masyarakat, kita turun ke jalanan menyebarkan gantungan kunci, flyer,leafled, di perempatan jalan protokol kota sumenep dan bahkan kita juga melakukan sosialisasi dengan blusukan ke pasar tradisional, ke sekolah-sekolah, pondok pesantren, lembaga pemasyarakatan, intinya semua lini kita  rangkul demi suksesnya PILKADA Sumenep 2015,termasuk bersinergi dengan partai politik pendukung masing-masing pasangan calon agar bisa  memberikan pemahaman kepada konstituen masing-masing parpol untuk  bisa memberikan konstribusi dalam menggunakan hak pilihnya tutur Hadi.

Adad beberapa pertanyaan atau hal yang tidak ada hubungannya dengan KPU yaitu mengenai pengawasan pemilu. Oleh Hadi disarankan untuk menemui langsung personil yang dulu menjabat sebagai PANWASLU Kabupaten sumenep, (Hr).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *