KPU SUMENEP; KPU TELAH SAMPAIKAN HASIL PENELITIAN ADMINISTRASI KEPADA PARPOL CALON PESERTA PEMILU 2019 KEMARIN

Jakarta, kpud-sumenepkab.go.id – Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019, terkait Penyampaian hasil penelitian administrasi kepada partai politik calon peserta pemilu tahun 2019. Penyampain hasil penelitian administrasi kepada partai politik calon peserta pemilu 2019 dilaksanakan di gedung KPU jalan Imam Bonjol No. 29 Jakarta Pusat kemarin hari Jum’at (17/11).

Ketua KPU RI Arief Budiman dalam sambutannya mengatakan sebanyak 14 partai politik yang dokumennya kemarin dinyatakan lengkap dan dilakukan penelitian administrasi. Secara simbolis disampaikan hasil penelitian administrasi oleh ketua KPU kepada perwakilan partai politik calon peserta pemilu 2019.

Informasi hasil penelitian yang disampaikan adalah informasi tentang status, statusnya memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat, apa saja dokumen yang memenuhi syarat, apa saja dokumen yang tidak memenuhi syarat. Kemudian teman-teman di Kabupaten/Kota hasil penelitian administrasi dan dokumen atas nama anggota dan lampirannnya berupa salinan KTP dan KTA itu juga disampaikan sesuai dengan tingkatannya, walaupun demikian menurut SOP laporannya disampaikan kepada KPU Pusat.

Sehingga, kemudian hal-hal yang ada di daerah, Kabupaten/Kota kami juga ada informasinya sehingga suatu hari KPU bisa mencocok-cocokan situasi didaerah seperti apa yang terjadi dan situasi yang kami hadapi, data yang ada pada kami seperti apa, sebelum partai politik melangkah melakukan perbaikan, mengelolahan dokumen atau perbaikan dokumen.

Penelitian administrasi yang dilakukan sejak 18 Oktober lalu masih ada ditemukan yang tidak memenuhi syarat (TMS). Mereka kemudian diberikan kesempatan perbaikan itu 14 hari ke depan,” ujar Hasyim

Dia melanjutkan, perbaikan berkas ini dimulai sejak Sabtu (18/11). Selain menyampaikan perbaikan, KPU juga memberikan user ID baru untuk akses sistem informasi partai politik (sipol).

Kemudian yang penting juga kami mohon kepada partai politik yang hadir, ada satu surat pernyataan yang intinya ditanda tangani ketua umum dan sekjen, secara teknis surat pernyataan itu menyatakan bahwa tanda tangan didokumen semua dukungan dimana ketua umum bersedia menandatangan itu adalah benar-benar tanda tangan ketua umum dan sekjen, supaya apabila terjadi apa-apa kedepannya dan segala macam, ini adalah benar sebagai pengakuan tanda tangan ketua umum dan sekjen.

Penyerahan hasil penelitian administrasi kepada partai politik calon peserta pemilu 2019, dilakukan Ketua KPU Arief Budiman didampingi oleh hasyim Asy’ari kepada perwakilan 14 partai politik calon peserta pemilu 2019. (dosen.red/KPU FOTO/dosen/Hupmas/Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *