KPU SUMENEP; KPU KAB/ KOTA LAPORKAN REKAPITULASI PENGELOLAAN WEBSITE SECARA BERKALA

 

m-gogot__Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim, Gogot Cahyo Basko

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten/ kota di Jawa Timur setiap akhir bulan diwajibkan melaporkan rekapitulasi pengelolaan websitenya masing-masing ke KPU Jatim. Laporan meliputi informasi yang telah dimuat pada website selama satu bulan terakhir.

Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan bahwa laporan rekapitulasi pengelolaan website KPU kabupaten/ kota ini selanjutnya akan dievaluasi. “Rekapitulasi pengelolaan website KPU kabupaten/ kota yang telah dilaporkan ke KPU Provinsi akan dievaluasi,” ujar Gogot (2/8/2016).

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh KPU Provinsi, akan diperoleh predikat KPU kabupaten/ kota yang sangat patuh, patuh, tidak patuh dan sangat tidak patuh. “Predikat ini dinilai dari keaktifan KPU kabupaten/ kota meng-update informasi,” kata Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim ini.

Selanjutnya, diutarakan pula oleh Gogot dengan adanya pemberian predikat bagi KPU kabupaten/ kota dapat memberikan motivasi bagi KPU kabupaten/ kota untuk aktif meng-update informasi pada websitenya. Meskipun diakui memang reward untuk KPU kabupaten/ kota yang sangat patuh belum ada sampai saat ini.

Pada kesempatan yang sama, pria kelahiran Magetan ini menyampaikan evaluasi bulanan terhadap pengelolaan website ini penting dilakukan karena penulisan berita atau informasi pada website merupakan salah satu upaya untuk menciptakan transparansi dan keterbukaan informasi publik di lingkungan KPU. ”Hal ini demikian, sebab di dalam website ini KPU mempublikasikan informasi pemilu, tahapan pelaksanaan pemilu, data penghitungan suara, kegiatan KPU, informasi-informasi KPU lainnya yang penting untuk diinformasikan kepada publik namun tidak terfasilitasi oleh media eksternal,” pungkas Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *