KPU SUMENEP; KEKURANGAN ANGGOTA PPS PILKADA 2018 DI BEBERAPA DESA AKAN SEGERA DIPENUHI

Foto: Abdul Hadi saat memberikan keterangan kepada media terkait kekurangan PPS di beberapa desa

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Pasca diumumkannya penetapan hasil seleksi tes tulis dan tes wawancara tertulis Calon Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2018 dalam pengumuman nomor: 302/PP.05.3-Pu/3529/KPU-Kab/XI/2017, masih ada beberapa calon anggota PPS yang belum memenuhi sejumlah 3 orang di beberapa desa.

Beberapa desa yang kurang itu diantaranya adalah Desa Ambunten Barat Kecamatan Ambunten , Desa Gelaman Kecamatan Arjasa, Desa Jukong-jukong Kecamatan Kangayan, Desa Saobi Kecamatan Kangayan, Desa Pabian Kecamatan Kota Sumenep, Desa Masakambing Kecamatan masalembu, Desa Sepanjang Kecamatan Sapeken, dan Desa Cabbiya Kecamatan Talango.

Dalam keterangannya kepada awak media, Abdul Hadi selaku Ketua Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat yang membidangi tentang pembentukan badan AdHoc menyampaikan bahwa kekurangan anggota PPS dibeberapa desa tersebut dikarenakan minimnya pendaftar dari desa tersebut. Sosialisasi tentang pembentukan PPK dan PPS sudah maksimal diupayakan oleh KPU Kabupaten Sumenep, hanya saja trend dari pemilu sebelum-sebelumnya memang desa-desa tersebut sangat minim tingkat partisipasi masyarakat untuk bergabung menjadi penyelenggara pemilu, tuturnya.

Terhadap anggota PPS yang beleum memenuhi sebanyak 3 orang di beberapa desa tersebut, sesuai dengan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2015 KPU Kabupaten Sumenep dapat langsung mengangkat anggota PPS dengan berkoordinasi dengan Tokoh masyarakat yakni Lembaga/Ormas atau Lembaga Profesi. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *