KPU SUMENEP; ILHAM SAPUTRA JELASKAN 7 PRINSIP DALAM PENATAAN DAPIL

Balikpapan, kpud-sumenepkab.go.id – Pada sesi ke-2 Bimtek Penataan Dapil dan Alokasi Kursi yang dimulai pukul 19.00 WITA, acara diisi dengan penyampaian materi oleh Ilham Saputra anggota KPU RI dan Kasubdit Pengolahan Data Dirjen Dukcapil Kemendagri, dengan moderator Kepala Biro Teknis dan Hupmas KPU RI.

Ilham Saputra menjelaskan tentang regulasi umum yang digunakan dalam penataan dapil serta penghitungan alokasi kursi, termasuk dengan 7 prinsip yang harus dipenuhi dalam prosesnya. 7 prinsip tersebut antara lain: 1. Kesetaraan nilai suara; 2. Ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional; 3. Proporsionalitas; 4. Integralitas wilayah; 5. Berada pada cakupan eilayah yang sama; 6. Kohesivitas; dan 7. Kesinambungan.

Dalam proses penataan daerah pemilihan di KPU Kabupaten/Kota, publik dilibatkan secara langsung melalui mekanisme uji publik terhadap draft usulan daerah pemilihan yang disusun oleh KPU Kabupaten/Kota, tutur Ilham Saputra. Beliau juga menyampaikan bahwa unsur yang diundang dalam mekanisme uji publik antara lain: Pemerintah Daerah, Partai Politik di tingkat Kabupaten/Kota, Bawaslu, dan Pemangku kepentingan lainnya.

Selain narasumber dari KPU RI, juga mendatangkan narasumber dari Dirjen Dukcapil yang diwakili oleh Kasubdit Pengolahan Data Dirjen Dukcapil Kemendagri. Dalam materinya disampaikan bahwa KPU dan Kemendagri saat ini sedang bekerjasama dalam membangun sistem supaya data kependudukan dari kemendagri dapat diakses langsung oleh KPU melalui aplikasi SIDALIH.

Narasumber juga menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pembersihan data2 ganda di administrasi kependudukan, termasuk dengan data meninggal dunia yang diterima dari KPU. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada KPU karena Kemendagri telah berhasil menghapus sekitar 4 ribuan orang yang telah meninggal dunia berdasarkan data hasil pemutakhiran daftar pemilih yang diterima dari KPU. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *