KPU SUMENEP IKUTI SOSIALISASI BEASISWA PROGRAM MAGISTER

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengikuti Sosialisasi Beasiswa Pendidikan Tinggi Program Magester Tata Kelola Pemilu, Jumat (21/5/2021).

Kegiatan itu digelar oleh KPU RI kerja sama dengan Universitas Airlangga Surabaya, yang  melibatkan  Sekretariat KPU Provinsi/Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring dengan menggunakan Zoom Meeting.

Sementara di Kantor KPU Sumenep, sosialisasi itu diikuti oleh seluruh ASN dan komisioner bertempat di Rumah Pintar Sultan Abdurrahman Kantor KPU Sumenep, Jl. Asta Tinggi 99 Sumenep.

Dalam arahannya, Anggota KPU RI Arief Budiman bilang, program beasiswa Pendidikan Tinggi Magister sangat penting dilakukan untuk terus meningkatkan kapasitas pengelola penyelenggaraan pemilu dan pemilihan di Satker KPU provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Program Magister ini konsentrasinya pada tata kelola pemilu kerja sama dengan Unair Surabaya. Sehingga kesempatan ini harus dimaksimalkan oleh penyelanggara guna meningkatkan kualitas SDM di masing-masing satker,” katanya.

Sementara Kepala Biro SDM Setjen KPU RI, Drs. Lucky Firnandi Majanto, MM. juga mengatakan, sosialisasi yang digelar saat ini menjelang pendaftaran perguruan tinggi S2 yang akan digelar dalam waktu dekat. Sehingga jika hal ini dimanfaatkan dengan baik maka tidak akan mengganggu tahapan pemilu dan pemilihan di tahun 2024 mendatang.

“Jika masuk S2 tahun ini maka ilmunya bisa diaplikasikaan pada pemilu dan pemilihan di tahun 2024 dan tidak akan mengganggu tahapan pelaksanaan,” harapnya.

Lucky menjelaskan, program tersebut merupakan rencana strategis KPU tahun 2020-2024, dengan berpedoman pada Perubahan keempat atas Keputusan KPU Nomor 34/Kpts/KPU/Tahun 2016 tentang Pedoman Pemberian Beasiswa Pendidikan Tinggi Program Magister Konsentrasi Tata Kelola Pemilihan Umum di Lingkungan KPU.

“ Tahun ini masuk Bacth VII setelah dari pertama telah sukses melaksanakan beasiswa Magister itu di beberapa universitas di Indonesia termasuk salah satunya di Unair Surabaya,” jelasnya. (humas KPU Sumenep/raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *