KPU SUMENEP ; IKUTI PELATIHAN APLIKASI SIPOL

Foto: Wahyu Setiawan, Anggota KPU RI saat memberikan arahan pada acara bimtek SIPOL

Mataram, kpud-sumenepkab.go.id. Pelaksanaan pemilihan umum Legislatif sudah ada di depan mata. Dengan banyaknya partai politik yanga ada sekarang, diprediksi akan ada tambahan parpol peserta pemilu pada pesta demokrasi tahun 2019 mendatang. KPU Sudah menyediakan aplikasi yang berhubungan dengan parti politik. Yaitu SIPOL.

Dan untuk memberikan pemahaman tentang standart operasional prosedur aplikasi tersebut. KPU RI memberikan pelatihan kepada seluruh KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten /Kota di seluruh Indonesia. Dihubungi via Hand phone minggu malam (24/9) Hari Mulyono operator sipol KPU Sumenep menyampaikan bahwa Kegiatan di NTB adalah putaran kedua, setelah kemarin di Medan. Di NTB, peserta yang diundang ada 186 Satker atau 11 Provinsi yang masing masing yaitu Jateng, DIY, Jatim, Bali, NTB, NTT, Kalbar, Kalteng, Kaltim dan Kaltara.

Kegiatan pelatihan aplikasi ini, akan dimulai hari ini sampai dua hari ke depan adalah menyatukan permahaman yang sama pola mekanisme tata kerja pendaftaran parpol, vermin, Verfak sampai Penetapan parpol peserta pemilu yang berbeda dengan 2012 lalu. Kita juga akan bahas mekanisme, sesuai tingkatannya ketika nanti harus menggunakan aplikasi baik di tingkat RI, Prov atau Kab/Kota. Besok akan dibagi menjadi 3 kelas yang akan membahas itu semua. Besok atau selasa akan diundangkan PKPU-nya. Keempat, kegiatan ini akan kita akhiri dua hari ke depan, jelas Zubaidi, Komisioner Divisi Hukum.(Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *