KPU SUMENEP IKUTI BIMTEK TATA CARA PENCALONAN

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Bertempat di Fave Hotel Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, KPU Provinsi Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait tata cara Pencalonan Pemilihan  2020 bersama 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur selama 2 hari dari tanggal 16-17 Desember 2019.

Pada kesempatan kali ini KPU Kabupaten Sumenep menugaskan Anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggaraan Rahbini, Anggota KPU Divisi Hukum & Pengawasan, Deki Prasetia Utama bersama dengan Kasubbag Teknis dan Hupmas Adi Tri Hartanto untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Tujuan dari kegiatan ini sebagaimana sambutan yang disampaikan oleh Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul  Anam, yang sekaligus membuka Bimtek tersebut adalah, tahapan  yang  paling  krusial di bawah  tungsura (penghitungan surat suara), dimana terkait  pencalonan regulasi/aturan selalu  ada  yang  baru.

“Jadi, apabila  ada aturan yang baru harus  cepat  tanggap, khususnya juga  dalam pendaftaran, verifikasi administrasi, verifikasi faktual untuk calon perseorangan yang sangat membutuhkan perhatian khusus dari seluruh komisioner KPU Kab/Kota di Jawa Timur yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak 2020,” katanya.

Menurut Anam, staf yang menerima pendaftaran calon perseorangan juga haru didampingi oleh seluruh komisioner sehingga meminimalisir kesalahan. “Sehingga dengan bersama-sama bertanggung jawab maka kecil kemungkinan terjadinya kesalahan,” paparnya.

Anam menjelaskan, menjadi  penting untuk  mengadakan  kegiatan  bimtek tersebut agar dalam semua proses tahapan terutama dalam hal pencalonan tidak ada kendala, dan semuanya berdasar dengan kepastian hukum yang ada.

“Saya harap juga kawan-kawan terus menjaga kesehatan karena proses tahapan akan terus menyita waktu dan tenaga,” pungkasnya.

Kegiatan Bimtek tersebut juga dihadiri  oleh  para Komisioner Gogot  Cahyo  Baskoro, Muhammad Arbayanto, Insan  Qoriawan, Miftahur Rozaq, Nurul  Amalia, Rochani, serta  Sekretaris KPU  Jatim  Eberta  Kawima, beserta  kasubbag  & seluruh staf  d KPU  Jatim. (raf/dek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *