KPU SUMENEP GELAR SOSIALISASI PENDIDIKAN PEMILIH SERENTAK DI LIMA KECAMATAN

Insert : Rafiqi (kanan), Anggota KPU Sumenep saat memberikan materi terkait fasilitasi pendidikan pemilih di kecamatan Batang-Batang.

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan Fasilitasi Pendidikan Pemilih Tahun 2021, Sabtu (28/8/2021). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut surat KPU RI Nomor 515/PP.06/KPU/VI/2021,tanggal 3 juni 2021 Perihal Kegiatan Fasilitasi Pendidikan Pemilih Tahun 2021.

Sosialisasi Fasilitasi Pendidikan Pemilih tahun 2021 serentak digelar di 5 tempat  di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sumenep, yaitu  Kecamatan Guluk-Guluk, Batuan, Dasuk, Batang-Batang dan Kecamatan Gapura.

Pada kegiatan fasilitasi pendidikan pemilih kali ini seluruh komisioner KPU  terjun langsung ke lapangan. “Akan ada 3 narasumber pada kegiatan kali ini, yaitu dari Komisioner KPU Kabupate Sumenep,Kkomisioner Bawaslu Sumenep, serta tokoh masyarakat setempat yang sudah melakukan kerjasama dengan KPU,” jelas A.Warits ketua KPU Kab. Sumenep ditemui sesaat sebelum berangkat ke salah satu kecamatan.

Sementara itu, salah satu Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Rafiqi, yang melaksanakan kegiatan fasilitasi pendidikan pemilih di kecataman Batang-Batang dalam materinya memaparkan tentang angka partisipasi pemilih pada pemilihan beberapa waktu lalu.

“Secara hitung-hitungan, partisipasi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep 2020 beberapa waktu lalu  meningkat dibanding dengan pemilihan Bupati sebelumnya” jelasnya.

Padahal pelaksanaan pemilihan Bupati beberapa waktu lalu berada pada masa Pandemi Covid-19, ditambah lagi ada beberapa TPS yang dilaporkan terkena kendala hujan angin, dikarenakan pada sat hari H pemungutan suara, bersamaan dengan turun hujan yang disertai angin yang kencang.

Dan salah satu tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menampung masukan dari masyarakat terkait pelaksanaan Pemilihan tahun 2024 yang akan datang, terutama metode sosialisasi yang akan digunakan, sehingga angka partisipasi masyarakat dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya rakyat menggunakan hak pilihnya bisa lebih baik lagi.

Lanjut Rafiqi, proses pemberian fasilitasi pendidikan pemilih bagi masyarakat dilakukan dengan cara tatap muka dengan tetap memperhatikan prosedur kesehatan sesuai arahan pemerintah dalam menanggulangi pandemi COVID-19 yang belum kunjung usai.

“Kegiatan ini dilaksanakan di lima kecamatan yakni, Kecamatan Gapura, Guluk-Guluk, Batang-Batang, Batuan dan Dasuk dengan dihadiri tokoh masyarakat tokoh pemuda serta aparat desa,” paparnya.

Masih kata Rafiqi, dari pertemuan ini diharapkan nantinya perwakilan warga yang hadir dapat membantu kepada warga sekitarnya dalam menginformasikan pentingnya Pendidikan Pemilih menyongsong Pemilu 2024 mendatang agar tingkat partisipasi masyarakat meningkat.

“Pemilu bukan hanya serimonial 5 tahunan, tetapi pemilu adalah pintu gerbang sebuah perubahan dalam memilih pemimpin, Mari kita sukseskan pemilu 2024 dan semoga dengan kegiatan ini kami berharap bisa meningkatnya partisipasi pemilih pada pemilu tahun 2024,”pungkasnya. (Humas KPU Sumenep/Her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × four =