KPU SUMENEP GELAR RAPAT EVALUASI PENGAMANAN PEMILU 2019

Rakor Evaluasi Pengamanan Pemilu 2019 dan Persiapan Pilkada 2020

kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar Rapat Evaluasi Pengamanan 2019 dan Kordinasi Persiapan Pengamanan Pilkada 2020 mendatang. Kegiatan itu digelar di aula Hotel Utami Jl Trunojoyo Sumenep, Jumat (27/9/2020).

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan evaluasi pengamanan pemilu 2019 dan juga rakor persiapan pengamanan pilkada 2020. Hadir dalam kesempatan itu perwakilan kapolres, perwakilan Kodim 0827 Sumenep, Bakesbangpol Linmas, Dishub, Satpol PP dan Bawaslu Kabupaten Sumenep.

Ketua KPU Sumenep, A. Warits mengatakan, secara umum pengamanan pemilu serentak 2019 berjalan aman lancar dan kondusif. Sehingga meskipun demikian perlu adanya evaluasi bersama untuk mengambil hikmah guna memperbaiki pola pengamanan dalam pilkada mendatang.“Evaluasi saat ini hanya untuk mengambil hikmah selama perjalanan pemilu serentak kemudian menformulasikan agar bagaimana pengamanan pilkada tahun depan lebih baik lagi,” katanya.

Sementara Ketua Bawaslu Sumenep, Anwar Noris juga mengatakan, meskipun pihaknya menangani ratusan laporan pelanggaran selama pemilu 2019 namun secara umum pelaksanaan pemilu 2019 di ujung timur pulau Madura itu berjalan lancar.

“Indikasinya, hanya Sumenep di wilayah Madura yang tidak diguggat ke Mahkamah Konstitusi (MK). Tren baik ini agar bisa dipertahankan bersama dalam pilkada mendatang,” pintanya.Sedangkan perwakilan Polres Sumenep, Siswantoro menegaskan, bahwa untuk pilkada 2020 mendatang akan dimaksimalkan karena khusus di Madura hanya Sumenep yang akan menggelar Pilkada, sehingga untuk personel bisa lebih maksimal.

“Berbeda dengan pemilu serentak kemarin, personel hanya memanfaatkan anggota yang ada. Sedangkan untuk pilkada mendatang bisa minta bantuan Polda atau kabupaten terdekat untuk BKO personel,” ungkapnya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *