KPU SUMENEP; DATA GANDA KEANGGOTAAN PARPOL DITELITI DAN AKAN DIVERIFIKASI FAKTUAL

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Data keanggotaan Partai Politik calon peserta pemilu tahun 2019 masih dalam proses penelitian oleh KPU Kabupaten Sumenep hingga saat ini dan penelitian dilakukan dengan cara mencocokan hardcopy salinan KTA dan KTP Elektronik/Surat Keterangan dengan softcopy yang terdapat di dalam aplikasi SIPOL.

KPU Kabupaten Sumenep sebelumnya juga telah menerima daftar nama anggota partai politik dari hasil analisis dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan tidak memenuhi syarat dari KPU RI.

Terhadap dugaan keanggotaan ganda dan keanggotaan tidak memenuhi syarat tersebut, KPU Kabupaten Sumenep kemudian akan melakukan verifikasi faktual dengan cara mengkonfirmasi kepada yang bersangkutan terhadap dugaan keanggotaan ganda.

Verifikasi faktual terhadap gugaan keanggotaan ganda dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Sumenep pada tahapan penelitian administrasi, dan berdasarkan Peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 dan Peraturan KPU nomor 11 tahun 2017 penelitian administrasi dan verifikasi faktual keanggotaan ganda dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober s/d 15 November 2017.

Kegiatan penelitian administrasi ini ditargetkan akan selesai dalam 7 hari kedepan termasuk mencocokkan dengan data dugaan keanggotaan ganda yang didapat dari aplikasi SIPOL, ujar Zubaidi Anggota KPU divisi Hukum yang membidangi verifikasi parpol. Dalam pelaksanaan verifikasi faktual tersebut, KPU Kabupaten Sumenep akan mengangkat petugas verifikator lapangan yang akan mendatangi nama-nama yang diduga keanggotaan ganda dan mengkonfirmasi kepada yang bersangkutan apakah memenuhi syarat atau tidak, imbuhnya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *