KPU SUMENEP GELAR BIMTEK PEMUTAKHIRAN DATA DAN DAFTAR PEMILIH KEPADA PPK

insert : Rahbini memberikan materi pada bimtek PPDP kepada PPK

kpud-sumenepkab.go.id, – Salah satu yang menjadi sorotan pada saat pelaksanaan pelilihan umum disemua tingkatan adalah tentang daftar pemilih. DPT menjadi hal yang sangat krusial dan komplek dalam proses penyusunan sampai dengan penetapan, karena tidak hanya melibatkan satu puhak dalam hal ini KPU, akan tetapi juga melibatkan instansi lain yaitu dispendukcapil yang memiliki data kependudukan.adanya pemilih ganda maupun pemilih yang sudah meninggal yang tercantum di DPT seolah menjadi momok dalam proses penyelenggaraan pemilu.

Salah satu ujung tombak dalam proses pemutakhiran daftar pemilih adalah petugas PPDP, merekalah ujung tombak dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih yang nantinya akan ditetapkan menjadi DPT. demi mendaparkan akurasi data yang makasimal, hari ini minggu (14/1) KPU Sumenep melakukan Bimtek Pemutakhiran data dan daftar pemilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2018 kepada seluruh PPK yang ada di kabupaten sumenep.

Disampaikan oleh Rahbini Komisioner KPU yang membidangi pemutakhiran daftar pemilih bahwa nantinya petugas PPDP akan dibekali buku kerja, bukan hanya buku pedoman teknis, karena dengan buku kerja itu kita bisa mengotrol kinerja para petugas PPDP, ” semua pergerakan, rencana kerja dari petugas PPDP bisa kita monitoring dari buku tersebut , dan nanti PPK mempunyai tugas untuk melakukan monitoring kepada  PPDP, seperti semboyan dari coklit yaitu cocokkan datanya teliti bekerja”  tutur Rahbini. (Hr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *