KPU SUMENEP BERIKAN MATERI PENDIDIKAN POLITIK

Foto: Abd. Hadi saat memberikan materi pendidikan politik

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Salah satu tugas rumah Komisi Pemilihan Umum dalam rangka upaya meningkatkan tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih pada saat pelaksanaan Pilkada Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 mendatang yakni dengan cara memberikan pendidikan politik pada seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya pada hari ini minggu (7/8/17) pukul 13.00 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep menjadi narasumber di Kantor DPC Hanura berdasarkan undangan dari DPC Hanura nomor: 12/DPC-HANURA/VIII/2017.

Selain memberikan materi pendidikan politik, Abd. Hadi, Anggota KPU divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat juga menyampaikan bahwa pendidikan politik kepada masyarakat bukan semata-mata hanya tugas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep, melainkan juga menjadi tanggung jawab partai politik yang juga berkewajiban memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Beliau juga memaparkan data perolehan suara sah partai politik pada saat Pemilu Tahun 2014, disana bisa dilhat bahwa tingkat partisipasi masyarakat sangat fluktuatif pada setiap Pemilu. Tingkat partisipasi pada pemilu tahun 2004 sebesar 87,37%, pada pemilu tahun 2009 sebesar 72,35%, dan pada pemilu tahun 2014 sebesar 72,72%.

“KPU Sumenep berharap pendidikan politik kepada masyarakat tidak hanya dilakukan oleh KPU saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab partai politik” tutur Abd. Hadi. “Untuk diketahui bahwa KPU Sumenep saat ini sedang berupaya untuk meningkat tingkat partisipasi masyarakat khususnya pada pelaksanaan Pilkada tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019 mendatang supaya lebih baik dari pelaksanaan Pemilihan dan Pemilu sebelumnya”, tambahnya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *