KPU SUMENEP; BERIKAN BIMTEK RELAWAN DEMOKRASI

Insert: suasana bimtek relawan demokrasi (relasi) pemilu 2019

kpusumenep.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep melaksanakan bimbingan teknis untuk relawan demokrasi Kabupaten Sumenep. Kegiatan berlangsung di ruang meeting room Hotel C1 Sumenep, Rabu (23/1).

Peserta Relawan Demokrasi sebagai kepanjangan tangan KPU Sumenep diberikan pembekalan tugas dan fungsi, dimana sebelumnya mereka sudah terpilih berdasarkan hasil seleksi ketat yang dilakukan pihak KPU Sumenep,. Sebanyak 55 orang yang sudah dinyatakan lulus atau memenuhi kriteria sebagai Relawan Demokrasi setelah mengikuti seleksi.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, A. Warist, mengatakan,” para relawan nantinya bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan menurunkan angka golput dan suara tidak sah di Kabupaten Sumenep.

“Kita ketahui bersama untuk tahun ini ada lima jenis surat suara yang akan dicoblos yakni pasangan calon Presisden dan Wakil Presiden, calon anggota DPR-RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD Provinsi dan calon anggota DPRD kabupaten/kota. Jadi kita akan melakukan upaya mendorong meningkatnya pengetahuan Pemilu dan partisipasi pemilih,” katanya.

Lebih Lanjut Warist sapaan akrab, ke depan para Relawan Demokrasi nantinya akan bertugas ke wilayah di Kabupaten Sumenep, untuk menyosialisasikan kepada masyarakat tentang apa yang sudah dijalankan oleh KPU Sumenep.

Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama dua Hari, selasa-rabu tanggal 22-23 Januari 2019, materi yang diberikan sebanyak 6 materi diantaranya: 1. Pentingnya Demokrasi, Pemilu dan partisipasi, 2. Pemahaman tentang teknis tahapan pemilu yang strategis, 3. Penegakan hokum, 4. Kode etik relawan, 5. Management training relawan, 6. Teknik-teknik komunikasi publik. (zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *