KPU Provinsi Jawa Timur; Optimalisasi Fungsi Rumah Pintar Pemilu

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Dalam Rapat Pimpinan (Rapim) di KPU Sidoarjo Selasa (66/6/17) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur meminta agar Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dapat melakukan optimalisasi fungsi dari Rumah Pintar Pemilu (RPP). Gogot Cahyo Baskoro selaku Komisioner Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim mengatakan bahwa RPP merupakan media pendidikan pemilih dan bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilu.

Di Jawa Timur sudah 33 Rumah Pintar Pemilu yang telah diresmikan “Evaluasi awal untuk publikasi RPP sampai saat ini masih dilakukan dengan manual dan terbatas, akibatnya ada Kabupaten/Kota yang banyak pengunjung namun ada juga yang masih sepi pengunjung,” terang Gogot.

Optimalisasi Rumah Pintar Pemilu dapat dilakukan dengan cara mempublikasikan keberadaan Rumah Pintar Pemilu kepada masyarakat. Selain itu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten/Kota dapat melakukan kerjasama dengan instansi pemerintah, ormas, parpol, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep sendiri telah berupaya dengan mensosialisasikan keberadaan Rumah Pintar Pemilu Sultan Abdurrahman melalui media online website dan media sosial untuk mengundang seluruh masyarakat untuk berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Sultan Abdurrahman. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep juga selalu mempersilahkan tamu yang datang ke Kantor untuk sekaligus mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Sultan Abdurrahman. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *