KPU Jatim Minta Kabupaten/Kota segera Siapkan Anggaran Jalur Perorangan

Divisi Hukum, Pengawasan SDM dan Organisasi KPU Jatim, Muhammad Arbayanto.

 

SURYA | SURABAYA – Tak hanya tingkat provinsi, KPU Jatim juga mengingatkan 18 daerah yang juga menyelenggarakan pilkada pada tahun depan untuk ikut menyiapkan anggaran.

Sebab, anggaran untuk calon perorangan akan digunakan mulai dari tahap sosialisasi hingga verifikasi faktual.

Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, menjelaskan bahwa besarnya anggran untuk verifikasi faktual disebabkan karena proses ini biasanya dilakukan dengan tatap muka.

“Untuk memastikan berkas dukungan yang diterima oleh calon independen itu, kita kan harus melakukan sensus perorangan, bahkan bisa sampai door to door,” kata Arba, Selasa (25/4/2017).

Tak hanya untuk perorangan, proses verifikasi dukungan juga bisa dilakukan dengan kolektif.

Namun, untuk mengumpulkan massa, juga membutuhkan anggaran, minimal untuk konsumsi.

“Sehingga, anggran ini minimal ada yang untuk biaya konsumsi selama verifikasi tersebut,” ujar Arba.

Dari verifikasi tersebut, apabila bakal calon tak dapat memenuhi berkas persyaratan, maka akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki. Misalnya, untuk menambah jumlah KTP yang kurang.

“Ada juga bakal calon yang mengirimkan berkas dengan jumlah KTP ganda. Dari kasus itu, meskipun kita tahu kalau jumlah KTP yang dikumpulkan bakal calon ini kurang (dari ketentuan), namun kita harus pastikan berapa jumlah kekurangannya. Sebab, kekurangan itu bisa diperbaiki,” urai Arba.

“Sehingga, proses pendaftaran untuk jalur perorangan ini memang lebih rumit dan panjang. Sehingga, anggrannya pun juga cukup besar. Meskipun demikian, belum tentu pasangan tersebut akan menjadi calon,” pungkas Arba.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *