KPU JATIM KERJA SAMA DENGAN KEMENAG TERKAIT PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur melakukan kerja sama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur tentang Pemanfaatan Data Education Management Information System (EMIS) Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren serta Sistem Informasi Manajemen nikah (SIMKAH) Dalam Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Kegiatan penandatanganan kerja sama itu digelar di Aula KPU Provinsi Jawa Timur, dan diikuti secara daring oleh Kementrian agama kabupaten/kota dan KPU kabupaten/kota Se-Jawa Timur, Selasa (21/9/2021).

CHOIRUL ANAM, Ketua KPU Jawa Timur dalam sambutannya mengatakan, kerja sama itu dilakukan untuk memperbaharui data pemilih guna memudahkan proses pemutakhiran data pemilih pada pemilu atau pemilihan selanjutnya.

“Ruang lingkup perjanjian kerja sama ini adalah pemanfaatan data yang dimiliki Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan melalui data Emis dan juga Simkah,” katanya.

Sementara itu, Moh. Nurul Huda, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur  dalam kesempatan itu juga bilang, pihaknya sangat siap membantu KPU terutama terkait dengan pemutakhiran data pemilih bekelanjutan.

“Pada prinsipnya kita selalu siap membantu KPU dalam memutakhirkan data pemilih terutama data-data yang ada di kemenag untuk diolah menjadi data pemilih berkalanjutan,” ujarnya.

Sementara itu juga, Viryan Aziz, Anggota KPU Republik Indonesia dalam kesempatan itu juga sangat mengapresiasi adanya kerjasa sama tersebut, dan ia menilai kerja sama itu baru pertama kali diadakan di Indonesia. “Jawa Timur ini sangat luar biasa, melakukan trobosan dan kerjsa sama yang baik dengan kemenag dan ini baru satu-satunya di Indonesia,” tegasnya disambut aplaus para peserta kegiatan.

Oleh karena itu, Divisi Data KPU RI itu meminta Jawa Timur untuk terus menjaga kerja sama tersebut dengan baik dan terus dikembangkan. Sehingga ke depan dalam hal pemutakhiran data pemilih bisa sangat mudah untuk dilakukan apabila sudah ada kerja sama dengan kemenag tersebut.

“Saya sekali lagi mengapresiasi adanya kegiatan ini dan Jawa Timur semoga sukses selalu menyongsong pemilu dan pemilihan 2024,” pungkasnya. (Humas KPU Sumenep/raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *