KPU Jatim Gelar Rapim Siapkan Pilkada 2018

foto; afr jnr

Jatim Newsroom – Pelaksanaan Pilkada serentak baru akan dihelat 27 Juni 2018. Namun untuk menyiapkan pelaksanaannya, KPU Jawa Timur kini mulai menggelar rapat pimpinan (rapim) KPU dengan mengundang 38 KPU kab/kota se-Jatim untuk proses konsolidasi internal.

Rapim digelar dua hari, 6-7 Juni 2017 di kantor KPU Kabupaten Sidoarjo, jalan Cemengkalang Nomor 1 Sidoarjo. Rapim digelar sebagai bentuk persiapan untuk menghadapi Pemilihan Gubernur Jawa Timur dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Pemilihan Walikota tahun 2018. Selain itu, Rapim ini sekaligus sebagai tindak lanjut atas hasil Rapim Nasional  pada tanggal 22-24 Mei lalu.

“Di dalam Rapim ini dibahas mengenai penganggaran Pilkada tahun 2018. Di sisi lain, kita juga akan membahas mengenai penataan organisasi terkait dengan sumber daya manusia, pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan, kegiatan-kegiatan rutin dalam waktu dekat setiap divisi, hasil rapim nasional terkait dengan pengelolaan anggaran yang sesuai aturan sehingga tahun depan dapat berpredikat WTP, dan sebagainya,” kata Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito, Rabu (7/6).

Ia menjelaskan, sebelumnya KPU sudah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan di beberapa divisi. Dari hasil kegiatan itu, lanjut Eko, maka diperlukan evaluasi melalui rapim ini sebagai wadah konsolidasi internal KPU.

Sekretaris KPU Jatim, HM Eberta Kawima menjelaskan rapim dilaksanakan untuk melakukan konsolidasi Pilkada 2018 dan juga Pemilihan Umum 2019. “Konsolidasi ini mengandung arti bahwa KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota memiliki persepsi yang sama,” jelas Wima.

Selain konsolidasi, peserta yang hadir dari Ketua dan Sekretaris KPU kab/kota diberikan paparan materi dari para Komisioner dan Sekretaris KPU Jatim di hari pertama. Pada hari kedua, dilanjutkan dengan pemaparan KPU kabupaten/kota di antaranya mengenai perkembangan persiapan Pilkada 2018.

Dalam rapim tersebut, kata dia, peserta membawa laporan perkembangan terakhir anggaran pemilihan bupati atau pemilihan walikota tahun 2018 bagi 18 KPU kabupaten/ kota yang akan mengadakan pilbup/pilwali. Selain itu, dilaporkan pula hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan semester satu tahun 2017, laporan rumah pintar pemilu, hingga pemetaan pegawai. (afr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *