KPU JATIM GELAR KONSOLIDASI SDM JELANG PEMILU 2024

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menggelar Rapat Konsolidasi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) jelang Pemilu 2024, dengan mengambil tema; Membangun Sistem Kerja Efektif dalam Tahapan Pembentukan Badan Adhoc Pemilu Tahun 2024, Kamis (7/4/2022).

Kegiatan digelar secara daring dengan melibatkan seluruh komisioner KPU kabupaten/kota Divisi SDM Parmas dan Kasubag Hukum dana SDM. Salah satu tujuannya adalah untuk terus membangun koordinasi bidang SDM di semua lingkungan satuan kerja KPU menjelang tahapan Pemilu 2024.

Choirul Anam, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur dalam sambutan pembukaannya mengatakan, penting dilakukan konsolidasi lebih awal dalam rangka menyatukan komitmen yang akan menangani Sumber Daya Manusia (SDM) karena tidak lama lagi persiapan tahapan Pemilu 2024 terkait dengan SDM akan segera dilakukan.

“Karena bidang SDM ini disamping menangani internal kesekretariatan, juga nanti banyak bergelut di eksternal ketika akan membentuk badan Adhoc Pemilu mulai dari PPK hingga KPPS dan juga ketertiban TPS,” katanya.

Sementara Rochani, Divisi SDM dan Litbang KPU Provinsi Jawa Timur juga menjelaskan, konsolisadasi ini digelar untuk memberikan pemahaman bahwa terkait dengan SDM sudah ditangani oleh SubBag Hukum dan SDM di masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Sehingga divisinya harus terus kordinasi dengan hukum terkait dengan segala kegiatan SDM.

“Tata kerjanya sekarang terkait dengan persoalan SDM ditangani oleh Hukum dan SDM, yang awalnya dibawah naungan subbag KUL,” jelasnya.

Menurut Rochani, terkait dengan hal-hal yang dibutuhkan dalam kegiatan SDM nanti harus diinventarisir mulai saat ini, agar ketika sampai pada waktunya tinggal menjalankan. Sebab, SDM terkait erat dengan pengorganisasian orang per orang dengan segala tugas dan tanggung jawabya.

“Jika hal-hal yang dibutuhkan nantinya sudah difikirkan dari sekarang, maka pada akhirnya nanti akan mempermudah kita dalam mengatasi ketika ada problem,” ujarnya.

Dalam Rapat Konsolidasi tersebut juga menjadi ajang perkenalan para Kasubag Hukum dan SDM karena rata-rata diisi orang baru baik di KPU Provinsi maupun KPU Kabupaten/Kota. (Humas KPU Sumenep/raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *