KPU JATIM BERIKAN EVALUASI SEMENTARA ASSESSMENT KAB/ KOTA

Terbit Tanggal 21 Juni 2016 08:40

foto-assessment

 Assessment KPU Jatim ke KPU kabupaten/ kota

Surabaya, kpujatim.go.id- Dalam rangka meningkatkan kinerja kelembagaan di lingkungan Komisi Pemilihan Umum (KPU), KPU Jawa Timur telah melakukan assessment di dua belas (12) KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur. Yakni, Gresik, Lamongan, Tuban, Kabupaten/ Kota Malang, Batu, Jember, Lumajang, Bondowoso, Kabupaten/ Kota Mojokerto, dan Kediri. Assessment ditujukan untuk menggali dan memetakan permasalahan, serta mencari solusi dari permasalahan terkait kinerja yang ada di KPU kabupaten/ kota.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito saat ditemui hari ini (21/6/2016) membenarkan bahwa telah memberikan evaluasi sementara pelaksanaan assessment di dua belas KPU kabupaten/ kota pada saat Rapim di KPU Kota Batu tanggal 15 sampai dengan 16 Juni 2016. Menurutnya telah ditemukan beberapa persoalan berkaitan dengan kinerja KPU kabupaten/ kota, baik dari sisi Komisioner maupun Sekretariat. “Beberapa persoalan misalnya, pertama masih perlunya sinergisitas antara Kesekretariatan dan Komisioner untuk meningkatkan kinerja agar dapat mencapai kinerja yang sudah ditetapkan oleh KPU RI. Kedua, KPU kabupaten/ kota perlu meningkatkan disiplin pada tataran staf maupun pejabat kesekretariatan,” jelas Eko.

Diutarakan juga oleh Ketua KPU Jatim, beberapa KPU kabupaten/ kota yang dianggap kurang dalam kinerjanya, kedisiplinan, dan profesionalitasnya, maka akan dilakukan pembinaan dan peringatan.

“Pembinaan  daat dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan dalam bentuk peringatan. Bahkan dalam konteks sanksipun, ini merupakan bagian dari pembinaan,” kata Ketua KPU Jatim.

Intinya dari assessment yang dilakukan KPU Jatim, semuanya diarahkan pada pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi KPU kabupaten/ kota agar dapat semaksimal mungkin.
Direncanakan assessment tidak akan berhenti di dua belas tempat tersebut. Ditargetkan, hingga akhir tahun 2016, seluruh KPU kabupaten /kota di Jatim sudah mengikuti kegiatan ini.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *