KPU GELAR WEBINAR DESA PEDULI PEMILU DAN PEMILIHAN

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia menggelar Webinar Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) seiring dengan ditetapkannya 86 desa di seluruh Indonesia sebagai pilot project DP3, yaitu masing-masing provinsi ada dua desa yang dicanangkan sebagai Program DP3. Kegiatan webinar tersebut digelar secara daring melaui zoom meeting dan streaming di kanal Youtube KPU Republik Indonesia, Jumat (3/9/2021).

Ada dua narasumber dalam kegiatan tersebut, yaitu Dr. Muhadam Labolo, Ketua Bidang Pengembangan Keilmuan Pemerintahan MIPI, yang membincang soal partisipasi politik masyakat desa dalam mewujudkan demokrasi substansial, dan Hariyono, Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang banyak mengupas tentang Demokrasi Pancasila.

Menurut Muhadam Labolo, ada beberapa faktor terkait problem partisipasi politk di tingkat desa, yaitu diantaranya tidak adanya perubahan kongkrit dalam setiap kontestasi pemilihan dan rendahnya kesadaran politik masyarakat desa. “Sehingga karena dianggap tidak adanya perubahan yang mendasar mengakibatkan masyarakat desa agak apatis dalam setiap pemilihan,” katanya.

Oleh karenanya ke depan, lanjut Labolo, penting terus dilakukan pendidikan pemilih terhadap masyarakat desa, dan salah satunya dengan adanya program DP3 ini cukup efektif dalam memberikan penyadaran dan pemahaman terkait dengan politik dan demokrasi.

“Masyarakat desa perlu terus dibangun kesadaran berpolitiknya guna memastikan terpilihnya pemimpin yang kredible, kapabel dan akseptabel,” tegasnya.

Sementara Hariyono menambahkan, Pancasila sebagai energi positif sekaligus menjadi landasan etis dan politik berbangsa dan bernegara. Sehingga demokrasi yang dijalankan muaranya adalah kesejahteraan dan keadilan bersama sesuai dengan cita-cita pancasila.

“Demokrasi itu hanya sebuah pilihan dan bukan tujuan, karena tujuannya adalah kesejaheraan rakyat dengan menggunakan sistem demokrasi itu. Dan itu yang disebut dengan demokrasi subtansial,” paparnya.

Kegiatan Webinar Dp3 itu dimoderatori oleh Anisa Dasuki dan dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Ilham Saputra dan sebagai pengantar dalam kegiatan itu adalah I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Anggota KPU Divisi Partisipai Masyarakat. (Humas KPU Sumenep/raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *