KORAMIL GAPURA: PASTIKAN PELAKSANAAN PILGUB JATIM DI GAPURA AMAN

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Anggota Komando Rayon Militer (Koramil) Kecamatan Gapura menyambut hangat kedatangan lima orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gapura yang datang berkunjung ke markas koramil kecamatan itu pada 29 november lalu.

“Kami sudah menunggu kedatangan PPK Gapura,” sapa Serka Setyo Hari, anggota Koramil Gapura. “Tahapan Pilgub Jatim tahun depan sudah dimulai dan kami siap membantu menyukseskan pemilihan tersebut,” lanjutnya, penuh seluruh.

Anggota Koramil Gapura dengan jabatan bintara urusan sosial dan babinsa Desa Mandala ini, selain menunjukkan komitmemnya mengawal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018, ia juga merinci hal-hal yang harus dilakukan dan diantisipasi agar sesuatu yang tak diinginkan tidak terjadi. Titik rawan keamanan, penempatan tempat pemungutan suara, pengawalan logistik, keamanan para pemilih, dan hal-hal lain yang memerlukan pengawalan dijelaskan pada anggota PPK Gapura oleh Pak Hari, sapaan akrab beliau.

“Pastikan Pilgub Jatim 2018 di Kecamatan Gapura belangsung tertib, aman dan terkendali sesuai cita-cita demokrasi,” pintanya, menyampaikan ucapan Komandan Rayon Militer (Danramil) Gapura Kapten Inf Prajoko yang kebetulan berhalangan hadir untuk menyambut PPK Gapura hari itu.

Sementara itu, Ketua PPK Gapura, Syaiful Anwar, mengemukakan arti penting komitmen Koramil Gapura mengawal Pilgub Jatim. Meskipun hari pelaksanaan pilgub masih setengah tahun lagi, ia tak memungkiri banyak tahapan yang harus dilalui sebelum tiba tanggal 27 Juni 2018 di mana pemungutan suara Pilgub Jatim diselenggarakan. Dan tahapan tersebut di antaranya adalah menjalin koordinasi dengan aparat keamaan, dalam hal ini Koramil Kecamatan Gapura.

“Kami mengapresiasi komitmen penuh Koramil. Bagaimana pun, pemilihan melibatkan seluruh warga dan itu membutuhkan pengawalan, pembinaan, dan penyadaran,” ujar Aang, sapaan akrab Ketua PPK Gapura yang berasal dari Desa Longos ini.

Hal senada disampaikan Ah. Qushairi, anggota PPK Gapura divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat (Parmas). Qushairi mengatakan bahwa sudah menjadi tugas pihak-pihak terkait, termasuk Koramil, untuk turut serta aktif menyukseskan pilgub sesuai tugas dan wewenang masing-masing.

“Ibaratnya, kita adalah panitia kesejahteraan rakyat dan menyukseskan pemilihan (Pilgub Jatim–red.) merupakan upaya nyata mewujudkan hal tersebut. Kami, anggota PPK Gapura, akan terus berkoordinasi dengan Koramil Gapura demi menggapai Pilgub Jatim yang berkualitas di Kecamatan Gapura,” terang anggota PPK Gapura yang berasal dari Desa Gapura Timur ini. (Ar/Al–PPK Gapura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *