KOORDINASI PPK DENGAN UPT DUKCAPIL TERKAIT TAHAPAN PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH

Batuputih, kpud-sumenepkab.go.id – Dalam rangka pengecekan Data Pemilih yang lebih valid dan berusaha meminimalisir terjadinya Data Ganda serta  Daftar Pemilih bermasalah lainnya, juga dalam rangka menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi yang dilakukan oleh KPU kabupaten, maka Panitia Pemilihan Kecamatan merasa perlu untuk sedini mungkin melakukan kordinasi guna menyiapkan Data Pemilih secara berkala, sehingga dapat meminimalisir sejumlah masalah diatas.

Menindaklanjuti masalah di atas, maka Pada Hari Rabu (13/12), Ketua beserta Anggota PPK Kecamatan Batuputih mendatangi kantor UPT Dukcapil di kecamatan. Pada saat itu rapat kordinasi di pimpin oleh Nuruz Syamsi selaku ketua PPK, dan dilanjutkan oleh Moh. Amin SE   yang mebidangi Divisi pemutakhiran Data Pemilih melakukan koordinasi bersama UPT Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil berkaitan dengan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang di berikan oleh KPU kabupaten kepada PPK Kecamatan walaupun DP4 sampai saat ini belum diberikan, tetapi kordinasi lebih awal dengan UPT yang membidangi masalah kependudukan itu sangat penting dan dibutuhkan.

Nuruz Syamsi ketua PPK KECAMATAN BATUPUTIH menyampaikan “koordinasi bersama UPT Kependudukan Dan Catatan Sipil memang harus dilakukan Oleh PPK sebab, pertama untuk mengecek Data Pemilih secara berkala  ini sangat diperlukan”.

Nantinya Hasil kerja yang dilakukan Oleh PPDP kita, dapat di cek kebenarannya melalui Capil Kecamatan.
Syamsi menambahkan ” kami menginginkan di batuputih tidak temui beberapa masalah yang di hadapi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) seperti tidak adanya NIK dan NKK, atau NIK dan NKK invalid, Data Ganda dan beberapa nama pemilih yang telah meninggal namun masih ada dalam DPT. Dengan demikian penyiapan data pemilih tidak hanya dilakukan pada momentum pemilu atau menunggu Tahapan Pemilukada berjalan”.

Drs. Ec Moh Hidayat, M.Si. selaku Kepala UPT Kependudukan Dan Catatan Sipil, menyambut baik koordinasi yang dilakukan oleh PPK Kecamatan batuputih dan bersedia membantu PPK dalam hal Data Pemilih, selebihnya silahkan berkordinasi langsung dengan R. Moh Dani Faizal S. Com selaku Wakil kepala UPT Dispendukcapil Batuputih. Beliau menjelaskan tentang bagaimana pengelolaan data yang dilakukan di UPT Kependudukan Dan Catatan Sipil dan akan memberikan data sesuai permintaan PPK Batuputih. (PPK.Batuputih)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *