KOORDINASI PERSIAPAN PEMERIKSAAN KESEHATAN PADA PEMILIHAN 2020, 19 KPU KABUPATEN/ KOTA BERTEMU IDI; HIMPSI & BNNP

insert : rakor persiapan pemeriksaan kesehatan pemilihan serentak KPU Provinsi Jawa Timur, IDI, HIMPSI dan BNN Jawa Timur

Surabaya,-. Komisi Pemilihan Umum Kabupaten sumenep dan 18 KPU Kabupaten/kota Se Jawa Timur yang akan mengadalan Pemilihan menghadiri undangan dari KPU Provinsi Jawa Timur dalam rangka  koordinasi persiapan pemeriksaan kesehatan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) dalam Pemilihan Serentak Lanjutan Tahun 2020, dengan IDI Wilayah Jawa Timur, HIMPSI Wilayah Jawa Timur, serta BNN Provinsi Jawa Timur hari ini (Selasa, 18/8). Koordinasi dilakukan di aula lantai II kantor KPU Jatim ini difasilitasi oleh KPU Jatim.

Rakor dilaksanakan dimulai dari jam 9 pagi sampai 12 siang. Dihadiri perwakilan IDI, HIMPSI, dan BNNP Jawa Timur. Sementara itu dari KPU Kabupaten/ Kota, diwakili oleh Ketua dan Divisi Teknis Penyelenggaran. Sebagai tindaklanjut dari rakor hari ini, dijadwalkan pada hari Senin, 24 Agustus 2020 akan dilaksanakan rakor untuk membahas beberapa hal lebih detail serta penandatanganan Nota Kesepahaman Pemeriksaan Kesehatan Bapaslon antara 19 KPU Kabupaten/ Kota bersama dengan IDI, HIMPSI dan BNNP.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menerangkan bahwa sebelum pertemuan hari ini digelar, KPU Jatim telah melakukan koordinasi, baik itu melalui berkirim surat maupun bertemu langsung dengan pihak IDI, HIMPSI, dan BNNP Jawa Timur. dimana nanti salah satu output nya adalah nantinya KPU Kabupaten/ Kota tidak perlu melakukan koordinasi satu per satu.

 “Termasuk penandatanganan MoU atau Penandatanganan Nota Kesepahaman bisa dilaksanakan secara bersama di KPU Provinsi agar lebih efektif dan efisien” lanjutnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan Bapaslon di 19 Kabupaten/ Kota, kemungkinan akan dilaksanakan di 3 Rumah Sakit Pemerintah tipe A yang ada di Jawa Timur. Yakni, Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya, Rumah Sakit Angkatan Laut Dr. Ramelan Surabaya, dan Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

 jika rumah sakit sudah ditunjuk, KPU Provinsi nantinya akan membagi Kabupaten/ Kota mana saja yang melakukan pemeriksaan kesehatan Bapaslon di rumah sakit yang mana, imbuh  Insan Qoriawan selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim. “Tentu dengan dasar pertimbangan jumlah Bapaslon yang ada serta pertimbangan geografis,” tutur Insan.

Pemeriksaan kesehatan Bapaslon ini, menurut Insan akan dilaksanakan pada tanggal 4 – 11 September 2020, dengan berpedoman pada Juknis Nomor 231 Tahun 2017 serta menyesuaikan terhadap protokol kesehatan yang diatur dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020.

“Hari ini Kami (KPU Jatim-red) mendatangkan 3 lembaga yang sudah diamanahi Peraturan KPU untuk menangani pemeriksaan kesehatan Bapaslon pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, ada IDI, HIMPSI dan BNNP Jawa Timur. Bersama Perwakilan tiga lembaga ini, Kita akan menyamakan pemahaman untuk prosedur pemeriksaan kesehatan Bapaslon yang mendaftar,” jelas Mantan Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan ini. (team)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *