KOMUNITAS TIKUS PITI LAKUKAN AUDIENSI SYARAT PENCALONAN PERSEORANGAN

Surabaya, kpujatim.go.id – Mengatasnamakan diri sebagai komunitas Tikus Piti – Tikus Piti Hanotobaris, kemunitas ini mendatangi Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) pagi ini sekitar jam 10 pagi. Mereka datang guna audiensi syarat pencalonan dari jalur perseorangan pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) tahun 2018. Pasangan calon yang rencananya akan mendaftar melalui jalur perseorangan ini diiringi sekitar 200-an pendukungnya dari berbagai Kabupaten/ Kota di Jatim. Kedatangan mereka langsung disambut perwakilan KPU Jatim, Divisi SDM dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Perencanaan dan Data, Choirul Anam, serta Kepala Bagian Keuangan; Umum dan Logistik, Akhmad Sudjono.

Bertempat di ruang Media Center, sejumlah perwakilan dari komunitas ikut melakukan audiensi bersama. Acara dimulai dengan sambutan dari Gogot dan Anam, lalu dibuka sesi diskusi dan tanya jawab bersama peserta.

Gogot memberikan apresiasi atas antusiasme komunitas ini yang mau menjadi peserta Pilgub serta mencari informasi mengenai persyaratan calon perseorangan. Ia pun pertama menyampaikan bahwa ada 3 dasar hukum yang perlu diketahui dan dipahami terkait pilkada serentak 2018 ini. “Bicara soal pilkada ada 3 dasar hukum yang perlu dipahami adalah Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016. Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 adalah perubahan atas Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015. Undang-undang ini pun perubahan dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015. Kemudian terkait dengan pencalonan ada di Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017,” papar Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim ini (03/08/2017).

Kemudian Anam juga memberikan pemaparan. Menurut Anam syarat pencalonan perseorangan diantaranya 6,5% dari jumlah DPT Pemilu atau pemilihan terakhir. “Maka kemungkinan bila dilihat dari data tersebut, ada 2.016.071 e-KTP atau surat keterangan dari Dispendukcapil yang harus dilampirkan untuk jalur perseorangan. Minimal ada 19 Kabupaten/ Kota, dengan tidak melihat perkecamatannnya. Yang penting dari 19 Kabupaten/ Kota ada yang mendukung,” jelas Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim ini.

Audiensi ini selesai pada jam 12 siang serta diakhiri dengan mengunjungi Rumah Pintar Pemilu Punakawan KPU Jatim.

Sementara itu, ditemui usai audiensi, perwakilan komunitas Tikus Piti Hanotobaris yang kebetulan dipercaya maju menjadi calon Gubernur, Sigit Prawoso menegaskan kembali maksud kedatangannya. “Kita datang ke KPU karena Kita ada niatan untuk ambil bagian dalam Pilgub 2018. Sehingga Kita ingin tanya informasi yang valid dari pihak KPU Provinsi,” ujar pria yang memiliki latar belakang mantan aktivis di perusahaan asuransi ini.

Sigit mengungkapkan juga bahwa rencananya ia akan maju bersama Bambang Purwadi sebagai calon wakilnya. Bambang adalah seorang pensiunan PNS di bidang Pertanian.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *