KOMUNITAS PEREMPUAN PEDULI DEMOKRASI LAGI LAGI MENGGELAR SOSIALISASI TENTANG PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR JATIM 2018

Insert: salah satu anggota komunitas perempuan sedang memberikan materi sosialisasi PILGUB 2018

Sumenep, kpud-sumenepkab.go.id – Sosialisasi tersebut dilakasanakan di Desa Bullaan Kecamatan Batuputih. Perjalanan yang cukup jauh, walaupun cuaca tidak mendukung tapi ini tidak menjadi penghalang bagi kami sebagai relawan yang peduli demokrasi, lebih-lebih untuk kaum perempuan yang perlu disampaikan beberapa pengetahuan yang berhubungan dengan perempuan dan demokrasi. Kami tetap berkomitmen untuk selalu menyampaikan bahwa perempuan juga bisa seperti laki-laki, kecuali yang sudah menjadi kodrat wanita.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh ibu kepala Desa, para nyai Desa Bullaan, PPK Batuputih, PPS Desa Bullaan, PPS Desa lain yang ada di Kecamatan Batuputih dan juga ibu-ibu, kaum  perempuan yang tergabung dalam organisasi PKK Desa Bullaan dengan jumlah total kurang lebih 150 orang. (01/04)

Rentetan acara sosialisasinya meliputi pembukaan, sambutan perwakilan PPK kecamatan Batuputih dan acara inti sosialisasi, terakhir penutup. Pada sambutannya, wati selaku PPK Batuputih, yg juga tergabung dalam komunitas perempuan peduli demokrasi menyampaikan beberapa maksud dan tujuan dari acara ini, diantaranya silaturrahim, dan menyampaikan tahapan pilgub jatim, serta yg tak kalah penting tentang perempuan.

Hal lain sebagaimana yg telah dipaparkan oleh Wati, juga dipertegas oleh Uka’ selaku pemateri pada sosialisasi kali ini. Beberapa hal diantaranya bahwa, kami selaku perwakilan dari komunitas perempuan peduli demokrasi , tak lain untuk memberikan informasi terkait Pilgub Jatim, selain itu ingin memberikan motivasi dan penyadaran bahwa sebagai perempuan kita juga bisa eksis dimana-dimana, asal memiliki usaha dan keinginan yg kuat untuk terus belajar, tapi yg jelas, dalam ranah keluarga tentu beda lagi, krna bagaiamanapun jika sudah membicarakan kodrat antara laki laki dan perempuan itu berbeda. Selain itu, penyaji juga mengajak pada semua yang hadir agar tidak golput, dan menentukan hak pilihnya, dan kita sebagai warga tidak boleh pasrah dan berpangku tangan, setidaknya kita bisa memilih paslon yg menurut kita terbaik. Karna ini menjadi penentu jatim kedepannya.
Penyaji juga mempertegas bahwa kedatangnya bukan untuk kampaye melainkan untuk menyambung silaturrahim dan sosialisasi pilgub jatim 2018.

Di awal bulan april ini, merupakan hari yang padat dengan agenda sosialisasi lain, yg juga merupakan instruksi oleh kpu kabupaten sumenep, yg mana untuk mengadakan forum sosialisasi warga dengan gerakan ayo cermati DPS mu, sehingga pada sosialisasi ini juga disampaikan hal hal yang berhubungan dengan cermati DPS pada masyarakat, agar melaporkan atau menanggapi Daftar pemilih sementara. Sehingga dilakukan perbaikan DPS sebelum menjadi DPT.

Dalam rangka menghidupkan suasana, pemateri juga memberikan pertanyaaan agar tidak hanya terjadi komunikasi satu arah, seperti disela sela penjelasannya, pemateri menanyakan kepada peserta tentang kapn pelaksanaan pencoblosan, namun sebagian besar masyarakat belum tahu, sehingga pemateri langsung memberi tahu, hal tersebut dikarenakan, masyarakat sibuk dengan aktifitasnya msing masing dan sebagian besar masyarkat disana tidak peduli tentang pesta demokrasi yg akan berlangsung pada tanggal 27 juni nanti, walaupun kami sudah berupaya juga menyampaikan hal ini dalam sosialisasi yg pernah kami selenggarakan, tutur Elly PPS desa bullaan. ( Bulaan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *