Ketua KPU RI Sampaikan Isu Strategis Dalam RUU Pemilu

Malang, kpud-sumenepkab.go.id – Arif Budiman, Ketua KPU RI secara khusus menghadiri acara rapat koordinasi di Jawa Timur mengenai penyuluhan tentang Peraturan Perundang-undangan tentang Pemilihan Umum Tahun 2019. Beliau juga menekankan bahwa penting untuk KPU Kabupaten/Kota memahami dan mengetahui isu-isu strategis dalam RUU Pemilu yang baru.

“Rapat koordinasi dan konsolidasi itu sangat penting untuk menyamakan persepsi. Hati-hatilah terkait kebijakan. Dari hal-hal yang terkecil sekalipun”, tutur Arief Budiman. “5 isu krusial yang diatur dalam RUU Pemilu yaitu Presidential Threshold, Parliamentary Threshold, Sistem Pemilu Terbuka, Dapil Magnitude dan Metode konversi suara penting harus dipahami. Bagi KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan 2 Pemilihan Kepala Daerah harus ekstra kerja keras”, tambah Arief Budiman.

Arif Budiman juga menjelaskan tentang proses penyusunan Peraturan KPU tentang penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019 pasca disahkannya RUU Pemilu seperti verifikasi partai politik, dan lain sebagainya. (Ad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *