KETUA KPU RI APRESIASI WORKSHOP JURNALISTIK KPU JATIM

Terbit Tanggal 26 Mei 2016 08:26

BERITA-26-MEI-1024x562

Ketua KPU RI, Husni Kamil Manik (kiri), Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi, Gogot Cahyo Baskoro (kanan)

Surabaya, kpujatim.go.id- Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI), Husni Kamil Manik berikan apresiasi untuk kegiatan workshop dan pelatihan jurnalistik yang diadakan KPU Jawa Timur pada hari ini, Kamis (26/5/2016).

Ketua KPU RI menyampaikan, inisiatif kegiatan ini bagus untuk meningkatkan kualitas website KPU. Website ini merupakan media komunikasi yang mudah, murah, efektif dan efisien. Inisiasi kegiatan pelatihan seperti ini perlu dilakukan, karena jika menunggu dana dari pusat akan lama. Dalam pengembangan website ke depan, KPU Provinsi bisa saja menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah setempat dalam menyediakan fasilitas, mengingat anggaran pusat saja tidak cukup. Peran KPU Provinsi juga dibutuhkan untuk mengkoordinir KPU kabupaten/ kota untuk melakukan pola yang sama (menjalin kemitraan-red),” jelas Husni (24/5).

Website yang dimiliki KPU menurut Husni sangat penting untuk menyebarluaskan informasi yang ada. “Sebab ada sisi-sisi yang semestinya diketahui publik, tapi tidak terfasilitasi jurnalis karena kepentingan peliputnya tidak menjangkau peristiwa itu. Misalnya, seorang petugas PPDP mencari seorang pemilih yang tinggal di sebuah rumah yang bertembok tinggi berduri dan dilengkapi dengan anjing herder. Ketika petugas memanggil-manggil yang keluar bukan orangnya tapi anjingnya. Dan petugas Kita datang berkali-kali, sampai datang bersama RT-nya juga, tapi tetap tidak bertemu. Hal ini tidak hanya terjadi pada satu atau dua orang pemilih saja.Bagaimana kalau nanti data yang bersangkutan tidak valid.Apakah ini kesalahan dari orang yang didata atau petugas PPDP. Padahal kondisinya memang tidak bisa. Peristiwa-peristiwa semacam ini dimata jurnalis tidak memiliki nilai jual berita. Tetapi bagi KPU tidak mendukung kinerja KPU. Hal ini layak untuk dipublikasikan bagi Kita, karena mungkin tidak hanya terjadi di satu tempat saja. Dan dengan publikasi yang Kita lakukan, akan muncul kesadaran dari masyarakat. Selain itu, nilai-nilai yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi yang lain juga,” papar Ketua KPU RI.

Menanggapi yang diasampaikan oleh Ketua KPU RI, Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, mengutarakan akan terus berkomitmen meningkatkan peran, fungsi, dan kualitas website maupun media sosial KPU di Jawa Timur. “Sebagai rencana tindak lanjut dari pelatihan jurnalistik hari ini, salah satunya pelaksanaan forum bimtek menulis berita online dan artikel di kabupaten/ kota masing-masing, dengan peserta komisioner dan seluruh staf. Kemudian akan disampaikan pula terkait gagasan dari Ketua KPU RI untuk mencoba membangun kemitraan dengan pemerintah daerah setempat,” ujar Gogot (26/5).

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *