KETIKA DEMOKRASI DITANGAN INTELEKTUAL POM MINI

Insert:Para Pemuda bersosialisasi di Pom Mini

Relasi Basis Muda,-. Intelektual Pom Mini, Begitulah para pemuda ini menamakan kelompoknya. Jenis kelompok kegiatan kepemudaan yang fokus dibidang kajian dan ngumpul bareng. Nama Intelektual Pom Mini sendiri dilatarbelakangi oleh sebuah tempat, yang menjadi tempat biasa para pemuda ini berkumpul. Tepatnya di Desa Talaga Ganding Sumenep.

Sekitar pukul 15.23 WIB  Sabtu, 09 Pebruari 2019 Penulis menemuinya. Tetap dalam agenda biasa yakni Sosialisasi Pemilu Serentak 17 April 2019. Dengan berbekal informasi tentang perkumpulan pemuda ini, penulis melakukan sosialisasi sesuai dengan kebiasaan responden yaitu diskusi santai.

Mula-mula membahas tentang Ekonomi, Politik, Sosial dan lain-lain. Sembari sambil saling ajukan argumentasi. Sedikit demi sedikit merasuk pada materi sosialisasi Pemilu 2019. Dengan bekal alat peraga, penulis menjelaskan tentang sistematika Pemilihan tahun ini.
“Jadi kami dari Relawan Demokrasi, cuma ingin mengingatkan bahwa tanggal 17 April 2019 Pesta Demokrasi Indonesia. Dimana ada lima jenis surat suara sebagai berikut,” Ceritaku sembari menunjukkan alat peraga berbentuk jari, yang memiliki 5 warna masing-masing untuk Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Propinsi dan DPRD Kabupaten.

Merekapun menyimak dengan seksama. Selang-seling obrolan kami mengalir dinamis. Alih-alih kembali ke topik Sosial, Budaya, Ekonomi, Politik dan lainnya. Tak kalah menarik pula tentang materi Pemilu yang kubawa.
“Memang sudah selayaknya pemuda harus sadar politik. Politik yang bersih, jujur dan jauh dari money politik. Biarkan kompetisi ini Suportif ,” Ungkap Ali Sabit sebelum kami berfoto-foto dan lalu kami pamit undur diri.(A.Helmy/Hr/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *