KEPALA DUSUN SE PALOLOAN MENCERMATI DPS

Insert: semua Kadus Desa Paloloan saat mengikuti Kegiatan Pencermatan DPS

Gapura, kpud-sumenepkab.go.id – Setelah Proses Pencoklitan usai dilakukan oleh PPDP Desa Paloloan, Kecamatan Gapura. Data Pemilih PILGUB Jatim diolah oleh PPS Paloloan, yang kemudian diplenokan bersama-sama. Setelah melalui proses panjang tersebut, terbitlah DPS (Daftar Pemilih Sementara) Desa Paloloan, PILGUB Jatim 2018. Yang telah di tempel dan di informasikan di berbagai Tempat strategis sesuai Wilayah TPS Paloloan. Padah hari ini, Ahad 01/04/2018, bertempat di Balai Desa Paloloan,

PPS Paloloan melakukan Pencermatan DPS tersebut. Ketua PPS Paloloan Sunaryo menerangkan,” bahwa sengaja menghadirkan seluruh Kadus se Desa Paloloan, untuk mencermati serta mengkaji dan meneliti DPS, yang telah dikeluarkan oleh KPUD Kab. Sumenep. Hal ini dimaksudkan untuk memungkinkan Pemutakhiran Data sejak dini. Terlebih masing-masing Kadus pada setiap Dusun di Paloloan, merupakan pemilik Informasi penting, atas Jumlah Warga Pemilih. Baik yang meninggal, pindah alamat karena status pernikahan, atau adanya masyarakat Desa lain yang pindah ke Desa Paloloan.

Dari Tahun ke Tahun, Daftar Pemilih, selalu menjadi persoalan yang sangat pelik, pasalnya ketika PPDP, tidak memasukkan kembali warga yang meninggal, pada saat proses Pencoklitan, yang kemudian di hapus datanya oleh PPS dan PPK, pada Form A-KWK, dan kemudian di setorkan ke KPUD Kabupaten Sumenep, masih terdapat data yang tidak sesuai, yaitu munculnya kembali Daftar Pemilih, yang telah dihapus tersebut pada DPS.

Musa’wi Kadus Kerta Aju menyampaikan, “ Dari berbagi persoalan tersebut, kami harus benar-benar meneliti dan mengkaji DPS Desa paloloan, untuk mendapatkan hasil yang positif dan sesuai, utamanya di Dusun Kerta Aju, yang sejak dulu terbagi dalam dua TPS, pada Dusun yang berbeda, yaitu di Dusun Pasar Pocok dan Dusun Kerta Aju sendiri.”

PPL Desa Paloloan Sahmari, menambahkan,” Kasus tersebut benar adanya, bahkan tidak hanya dihadapi oleh PPS Paloloan, melainkan juga diberbagai Desa, akan tetapi inilah PR kita, untuk benar-benar menuntaskan persoalan tesebut, agar tidak terjadi Insinkronisasi Data sebelum DPT PILGUB Jatim ditetapkan”

 Hadir pada acara tersebut, Sekretaris  Desa Palolan, Harsono, seluruh PPDP Desa Paloloan, dan Tokoh masyarakat. Yang selanjutnya saling memberikan saran, untuk kerja bersama dalam proses Pemutakhiran DPS Pemilih PILGUB Jatim 2018 Desa Paloloan. (Jho/zw/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *