KEGIATAN LAYANAN JEMPUT PEMILIH PPS KROPOH KECAMATAN RAAS

Raas, kpud-sumenepkab.go.id – Menindak lanjuti Surat Edaran KPU RI Nomer 332, Tertanggal 29 Maret 2018, PPK Kecamatan Raas Instruksikan seluruh PPS se-Kecamatan Raas agar melakukan kegiatan “Layanan Jemput Pemilih” dengan cara mendatangi rumah-rumah warga yang tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Sementara.

Ditemui saat mendampingi PPS Desa Kropoh Kecamata Raas, Heribuddin selaku Anggota PPK Kecamatan Raas yang membidangi Divisi Data dan Perencanaan menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka untuk memperoleh data yang valid dan akurat.

“Kecamatan Raas ini merupakan salah satu wilayah kepulauan, dimana masyarakatnya hampir 60% bekerja dilaut, bahkan ada yang sampai berlayar ke pulau lain. Jadi saat kegiatan coklit beberap waktu yang lalu ada beberapa warga yang tidak dijumpai dirumah. sehingga oleh Petugas dinyatakan tidak dipastikan ber-KTP-el. Nah, kegiatan ini sebagai upaya menyisir kembali penduduk-penduduk tersebut agar terdaftar sebagai pemilih”. Jelasnya.

Secara terpisah, Ketua PPS Desa Kropoh, Basri Ahmad menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota PPS dan staf, serta mantan Petugas PPDP. “Di Desa Kropoh ini ada kurang lebih 70 Kepala Keluarga yang pada saat kegiatan coklit tidak berada dirumah. Alasannya bervariasi, ada yang sedang bepergian keluar pulau, ada juga perantau yang baru kembali ke kampung halaman, namun mayoritas mereka sedang berlayar dan baru pulang. Nah, demi menjaga hak mereka agar tetap bisa memilih pada PILGUB JATIM 2018, kegiatan Layanan Jemput Pemilih ini diharapkan menjadi solusi dari masalah ini”. Jelasnya

Sebagaimana diketahui, KPU RI dalam Surat Edaran 332 tentang Perbaikan Data dan Layanan Jemput Pemilih, mengintruksikan kepada PPK dan PPS melalui KPU Kabupaten/Kota agar melakukan Kegiatan Lananan Jemput Pemilih (A-H/PPK Raas/zw)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *