KARAKTER DASAR PEMBACA MEDIA ONLINE TAK SETIA

Terbit Tanggal 27 Mei 2016 08:30

UPLOAD-1024x581

Penanggungjawab Beritajatim.com, Ainur Rohim saat Menyampaikan Materi di Kantor KPU Jatim, Jalan Tenggilis Nomor 1 Surabaya

Surabaya, kpujatim.go.id- Karakter dasar pembaca media online tak setia. Pernyataan menarik yang disampaikan Penanggungjawab Beritajatim.com, Ainur Rohim saat mengisi materi Teknik Dasar Penulisan Online pada Workshop Jurnalistik di kantor Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), kemarin (26/5/2016).

Menurut Penanggungjawab Beritajatim.com, Ainur Rohim karakter dasar pembaca media online tak setia karena pembaca sibuk dan dinamis. “Pembaca media online itu sibuk dan dinamis, ketika membaca berita dari smarphone, mereka akan membaca berita yang menarik perhatian mereka. Berbeda dengan pembaca media cetak yang akan meluangkan waktu khusus untuk membaca berita,” jelas Rohim.

Melihat karakter dasar yang yang dimiliki pembaca media online, Rohim berbagi tips kepada Divisi Sosialisasi KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur. “ Karena itu ada tips menulis berita online yaitu, rebut perhatian pembaca, buat judul yang bagus yang mencerminkan isi berita, berita jangan terlalu panjang dan tak lebih dari 800 kata, berita harus lebih hidup dan lebih berwarna untuk itu dilengkapi teks;gambar;audio; dan audio visual, menulis ulang, penampilan berita gunakan foto yang kuat; grafis berupa data; dan kutipan penting, terakhir analisis dan komparasi berita,” papar Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim ini.

Menanggapi materi yang telah disampaikan Rohim dan narasumber lainnya, Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Pengembangan Informasi KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan keada peserta workshop agar jangan bertambah bingung dalam menulis. “Agar lebih mudah dalam menulis berita, untuk mengawalinya bisa melihat berita-berita yang telah dimuat di website KPU RI atau KPU Jatim. Sambil pelan-pelan menpelajari apa yang telah disampaikan narasumber,” kata Gogot.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *