Kades Batudinding Melepas PPDP di Acara Apel Pagi

insert : apel PPDP desa Batudinding Gapura

Gapura-Sumenep,-. Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Batudinding Kecamatan Gapura menggelar Apel Coklit Serentak sabtu 18 Juli 2020 yang diikuti seluruh anggota PPS dan staf PPS serta segenap stakeholder dan register Desa Batudinding. Acara yg berlokasi di Balai Desa Batudinding, Kecamatan Gapura dihadiri langsung Kades Batudinding, yakni Roihul Lathiful Komar.

Pada kegiatan apel pagi tersebut, Mamang sapaan akrab Kepala Desa Batudindidin, berkesempatan melepas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) untuk melakukan Pencocokan Dan Penelitian (Coklit) di Desa Batudinding. Mamang juga memberi pengarahan terkait dengan tugas PPDP yang pada saat ini berbeda dengan kegiatan pemilihan sebelumnya. Menurutnya, PPDP harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan KPU agar kegiatan coklit dapat menimbulkan rasa aman di masyarakat.

” Jadi PPDP Desa Batudinding harus bisa bekerja secara baik dan maksimal. Saya selaku kades akan mendukung penuh kegiatan coklit ini. Tak lupa gunakan protokol covid-19 yg sudah ditetapkan KPU Sumenep. Berikan rasa nyaman kepada masyarakat agar kerja kalian berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Mamang

Coklit serentak digelar KPU Sumenep pada 18 Juli 2020 dengan melibatkan seluruh unsur yang ada di KPU hingga ke tingkat terendah. Dengan harapan pelayanan untuk pemilih bisa lebih baik lagi dalam menyukseskan Pilkada Serentak 2020.

Ketua PPS Desa Batudinding Darsono dalam sambutannya menyampaikan, Gerakan Coklit Serentak  merupakan upaya KPU untuk menjamin hak pilih setiap warga negara Indonesia.

Ditambahkan Darsono, hari ini semua daerah yg akan menggelar pemilihan bersama-sama mengikuti Coklit Serentak untuk menggaungkan kepada seluruh masyarakat bahwa tahapan pemuktahiran data pemilih sudah dimulai.

“Hari ini di seluruh daerah yg akan mengadakan pemilihan dilakukan Coklit secara serentak. PPDP akan berkunjung ke rumah-rumah untuk melakukan pencocokan data.”

Darsono menjelaskan, tahapan pemutakhiran data pemilih akan berlangsung selama lebih kurang satu bulan, dari 15 Juli sampai 13 Agustus 2020.

“Masa kerja PPDP kurang lebih sekitar 1 bulan. Karena itulah penting bagi PPDP untuk terus berkoordinasi dengan perangkat desa agar proses Coklit dapat berjalan lancar. Apalagi kegiatan Coklit sudah mendapat garansi dari Kades yang akan siap membantu apabila PPDP menemui kesulitan di lapangan. Karena itulah sy menghimbau kepada PPDP untuk bisa bekerja secara maksimal, mengingat data pemilih merupakan unsur paling penting dalam proses pemilihan,” terang Darsono.

Sebagai penutup tak lupa Darsono mengapresiasi kedatangan langsung Kades dan seluruh perangkat Desa serta Panwas Desa pada kegiatan ini. Ia berharap pelaksanaan coklit di Desa Batudinding dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan kualitas DPT. (Rusdi, Divisi SDM dan Parmas Desa Batudinding)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *