JELANG PILKADA 2018, DIVISI TEKNIS KPU JATIM ARAHKAN SELURUH SUBBAG BUAT PEDOMAN TEKNIS

Foto: Muhammad Arbayanto, Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur

Surabaya, kpujatim.go.id – Jelang tahapan pemilihan kepala daerah tahun 2018, Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), Muhammad Arbayanto berikan arahan kepada seluruh subbagian di KPU Jatim agar membuat pedoman teknis. Pedoman teknis terutama dibutuhkan pada tahapan yang secara faktual ada Peraturan KPU-nya.

Menurut Divisi Teknis KPU Jatim, pedoman teknis penting dibuat karena nantinya terkait dengan aspek teknis penyelenggaraan itu sendiri. “Banyak detail-detail tahapan yang tidak dijelaskan di dalam Peraturan KPU, itu harus Kita atur secara pasti di dalam pedoman teknis,” tegas Arba (19/07).

Beberapa hal yang belum diatur di dalam Peraturan KPU ini misalnya pada tahapan pencalonan. “Kita nanti perlu mengatur dimana tempat Kita buka pendaftaran calon, kemudian meja kursinya, jumlah petugasnya serta apa tanggung jawabnya, kode etiknya bagaimana, kan itu tidak diatur di dalam Peraturan KPU,” kata pria lulusan Magister Hukum UI ini.

Contoh lainnya lagi yaitu pada rekrutmen tenaga adhoc. “Kita perlu mengatur tanggal pastinya, apa saja yang dilakukan pada saat pra pelaksanaan; pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Termasuk juga nanti di pedoman teknis itu mengatur hal-hal yang berkaitan tata kerja kita yang berkaitan dengan pihak eksternal,” papar Arba.

Kemudian, karena KPU Jatim ini sudah akan memasuki tahapan dan akan segera melakukan penandatanganan NPHD, maka draf pedoman teknis untuk seluruh tahapan yang ada harus segera disediakan.

(AACS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *