Jelang laksanakan tugas 102 PPDP se-Kecamatan Bluto Jalani RDT

ilustrasi saat salah satu PPDP di Kecamatan Bluto menjalani Rapid Test

 Bluto-Sumenep,-.Dengan dilanjutkannya kembali tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun 2020, hari ini Kamis (16/07) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bluto memantau pelaksanaan Rapid diagnostic test (RDT) kepada seluruh Petugas Pemutaakhiran Data Pemilih yang tersebar di 20 desa Se-Kecamatan Bluto.

“Setelah pelantikan PPDP 2 hari yang lalu, maka sebelum memulai kerjanya untuk melaksanakan proses Coklit ke wilayah kerjanya masing-masing dan sesuai dengan instruksi KPU Kabupaten Sumenep, PPDP harus melakukan RDT ” Jelas Halik.

Jumlah total PPDP  yang akan menjalani RDT sebanyak  102 orang dan  akan dilaksanakan selama 2 hari. yang dibagi menjadi 2 hari mulai hari ini (kamis) sampai besok (jumat). “Untuk hari pertama total ada 50 orang. Dan hari kedua sisanya yaitu52 orang”, ungkapnya.

Indah Husnul Khotimah, PPK Bluto Div. SDM dan Partisipasi Masyarakat (PARMAS) menambahkan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep tahun tahun ini memang berbeda dari sebelumnya. Sebab, Pilkada 2020 dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Ia mengatakan bahwa faktor kesehatan dan keselamatan merupakan hal yang mutlak diutamakan dalam penyelenggaran Pemilu, selain faktor kelancaran dan kesuksesan teknis penyelenggaraan.

“Kesehatan dan keselamatan untuk penyelenggara pemilihan, pemilih dalam pemilihan, peserta pemilihan dan pihak-pihak lain yang terlibat dalam semua proses tahapan pemilihan merupakan yang utama. RDT digunakan sebagai screening yang diharapkan tidak akan menimbulkan penularan bahkan sampai ada klaster baru,” ujarnya.

Tahapan penyelenggaraan Pilkada 2020 kembali dilanjutkan mulai tanggal 15 Juni beberapa waktu lalu.dimana hari pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Indah Husnul Khotimah
PPK Bluto Div SDM dan Partisipasi Masyarakat (PARMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *