HPN 2021, KPU SUMENEP TERUS DORONG PERS NGAWAL DEMOKRASI

Insert : Rafiqi, Divisi SDM Parmas KPU Sumenep

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2021 mengambil tema, Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan. Tidak berlebihan jika peran pers dalam berbagai sendi kehidupan cukup diperhitungkan. Terutama dalam mengawal demokrasi, karena sejak awal pers telah menjadi pilar ke empat demokrasi di Indonesia setelah Ekskutif, Legislatif dan Yudikatif.

“Pada momentum HPN tahun ini, pers harus tetap semangat mengawal demokrasi pasca pemilihan serentak tahun 2020. Karena agenda demokrasi terutama demokrasi elektoral ke depan masih dalam diskusi yang cukup panjang,” kata Rafiqi, Komisioner KPU Sumenep, (9/2/2021).

Menurut mantan wartawan ini, pers harus terus mampu memberikan pendidikan dan pencerahan kepada masyarakat terutama saat ini ditengah pandemi Covid-19. Keberadaan informasi yang akurat dan dapat dipercaya sangat ditunggu oleh publik menyusul adanya pembatasan kegiatan masyarakat karena menanggulangi virus korona.

“Pers harus menjadi penyambung lidah antara pemerintah dan masyarakat dan sebaliknya, harus bisa menjembatani aspirasi masyarakat kepada pemerintah,” jelas Rafiqi.

Selain itu, lanjut Divisi SDM Parmas KPU Sumenep ini, momentum HPN saat ini harus dimaknai bahwa eksistensi pers yang sangat diperhitungkan di negeri ini harus dibarengi juga dengan kualitas SDM yang memadai oleh para pelaku pers, sehingga menghasilkan karya jurnalistik yang bisa dipertanggungjawabkan.

“Kualitas insan pers akan berpengaruh terhadap karya jurnalistik yang dihasilkan, utamanya dalam hal menyajikan informasi-informasi demokrasi di negeri ini,” pungkasnya. (Humas KPU Sumenep/her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *