Gladi Lapangan Simulasi Pengamanan Proses Rekapitulasi Penghitungan Suara di Tingkat KPU Sumenep

Simulasi Pengamanan Sejumlah massa yang merupakan simpatisan salah satu caleg yang tidak puas terhadap hasil penghitungan suara dalam Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 tiba-tiba menyandera Ketua Panwaslu Kabupaten Sumenep.

Massa mengamuk dan menganggap hasil penghitungan suara curang, karena ada perbedaan hasil penghitungan antara masyarakat dan penyelenggara Pemilu. Versi masyarakat, ada suara caleg yang tiba-tiba hilang.

Aparat kepolisian pun langsung bergerak cepat menangani peyanderaan terhadap Ketua Panwaslu. Tim negosiator berupaya bernegosiasi dengan penyandera, meminta agar Ketua Panwaslu dibebaskan. Sementara aparat kepolisian bersenjata lengkap mengepung pintu-pintu masuk, sebagai antisipasi kaburnya penyandera.

Namun negosiasi buntu. Penyandera menolak berkomunikasi dengan negosiator dan Kasat Binmas. Penyandera meminta agar Pimpinan Polres sendiri yang turun tangan menemui mereka. Akhirnya Kapolres Sumenep pun bersedia melakukan negosiasi, dan tim penyelamatan peenyanderaan berupaya menyelamatkan Ketua Panwaslu yang disandera.

Upaya tersebut berhasil, setelah tim bersenjata lengkap mendobrak pintu dan mengeluarkan tembakan peringatan. Ketua Panwaslu yang tengah disansera berhasil diselamatkan. Bahkan pelaku penyanderaan pun berhasil diringkus.

Peristiwa itu digambarkan dalam Gladi Lapangan Lat Pra Ops Mantab Brata 2014 di KPU Sumenep. [tem/ted] – beritajatim.com

Foto kegiatan:
Simulasi Pengamanan2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *