GELAR SOSIALISASI, PPK DUNGKEK SAMPAIKAN SYARAT JADI ANGGOTA KPPS

Insert: Suasana Bimtek Dan Sosialisasi Perekrutan KPPS 

Dungkek, kpu-sumenepkab.go.id – Badan adhoc Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk Pemilihan Umum Pilgub Jawa Timur, akan segera dibuka oleh Komisi Pemiliha Umum Kabupaten Sumenep. Agar informasi rekrutmen KPPS diketahui oleh masyarakat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Dungkek langsung bergerak. Karena berdasarkan jadwal yang dibuat oleh KPU Sumenep, masa pengumuman dari  tanggal 7 Mei 2018 sampai tanggal 12 Mei 2018. Sementara pendaftaran dari tanggal 13 Mei 2018 sampai tanggal 20 Mei 2018.

Divisi Sosialisasi PPK Dungkek, Rasuki mengatakan,” bahwa pihaknya langsung menggelar sosialisasi dengan mengundang seluruh PPS Se-Kecamatan Dungkek. Langkah cepat tersebut dilakukan, agar informasi rekrutmen PPS cepat sampai kepada masyarakat. “Karena ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai calon anggota KPPS,” kata Rasuki, Minggu (6/5/18).

Selain itu, kata Rasuki,” mekanisme dan aturannya juga mengalami perubahan. Pada Pemilu sebelumnya anggota KPPS cukup ditunjuk PPS. “Namun untuk sekarang berbeda. Rekrutmen KPPS dilaksanakan secara terbuka, yang ditentukan dan ditetapkan oleh PPK. Makanya, PPK langsung bergerak cepat dan menggelar sosialisasi ke seluruh PPS,” jelas mantan aktivis PMII Surabaya ini.

Syarat untuk menjadi KPPS, menurut Rasuki,” tidak jauh beda dari Pemilu sebelumnya, yakni ,Usia minimal 17 tahun, Pendidikan minimal SMA, bukan anggota Partai Politik, dan tidak memiliki ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu, tidak pernah dipidana atau dalam proses Hukum ,” tegas Rasuki.

1. Minimal berijasah SLTA/Sederajat
2. Minimal usia 17 tahun
3. belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK,PPS, dan KPPS
4. Tidak pernah dipidana
5. tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara.
6. Tidak aktif di Partai Politik

(PPK Dungkek/SU/KSM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *